Cara Jaga Kesehatan Saat Natal, Konsumsi Buah hingga Olahraga

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 24 Desember 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara agar tetap sehat saat Natal dan Tahun Baru di antaranya dengan menyajikan ayam atau kalkun sebagai hidangan utama. Berikut ini panduannya.
tirto.id - Sama seperti saat lebaran, perayaan Natal selalu identik dengan berkumpul bersama keluarga dan memakan makanan khasnya. Hidangan yang biasanya hadir adalah makanan-makanan manis seperti kue maupun ayam dan daging panggang yang tinggi kadar lemak.

Guna menjaga kesehatan tubuh, ada baiknya bagi setiap orang untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan membatasi konsumsi makanan manis serta tinggi lemak.

Infografik SC Tubuh Harus Fit
Infografik SC Tubuh Harus Fit biar Bisa Parti Sampe Pagi. tirto.id/Sabit


Cara Jaga Kesehatan Saat Natal


Berikut beberapa tips untuk tetap menikmati hidangan Natal dengan sehat dilansir dari Antara:

1. Konsumsi makanan kaya serat saat sarapan

Saat sarapan, sebaiknya mengonsumsi makanan dengan energi dan nutrisi yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, ada baiknya Anda juga mengonsumsi buah-buahan segar seperti apel, pir, atau pisang untuk menjadi topping pada sarapan. Bisa juga memakan telur orak-arik, omelet ditambah salmon dan roti panggang saat sarapan. Tambahkan pula alpukat, tomat, atau jamur sebagai asupan sayuran.

2. Imbangi kue Natal dengan cemilan sehat

Untuk urusan camilan, kue-kue natal sebagian besar memiliki rasa manis dan gurih. Jika hal tersebut berlebihan, akan berdampak pada kesehatan tubuh. Ada baiknya untuk mengimbanginya dengan camilan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan tanpa tambahan garam, serta konsumsi yogurt.

Coklat bisa juga dikonsumsi tetapi jangan melebihi batasnya. Sebagai alternatif, buah-buahan kering atau roti dengan tambahan buah dapat dikonsumsi.

3. Jangan konsumsi kulit ayam atau kulit kalkun

Apabila menyajikan ayam atau kalkun sebagai hidangan utama di perayaan Natal, ada baiknya jangan mengonsumsi bagian kulitnya. Hal tersebut disebabkan oleh kadar lemak jenuh yang sangat tinggi di sana.

4. Ganti sosis dengan kacang atau salad

Ganti sosis dengan kacang atau salad sebagai makanan pendamping. Jangan lupa untuk menyajikan sayuran sebagai penambah asupan nutrisi tubuh. Sayuran sebaiknya dikukus agar tidak menghilangkan kandungan vitaminnya.

Untuk makanan penutup, bisa memakan puding dengan catatan mengurangi jumlah porsinya.

5. Olahraga

Selain menjaga kesehatan badan dengan menjaga konsumsi makanan, olahraga adalah hal yang disarankan untuk membantu membakar lemak di dalam tubuh. Serangkaian latihan dan aktivitas fisik akan membantu otak untuk mengekskresikan hormon endorfin. Hormon endorfin merupakan hormon yang dapat memicu perasaan senang, mengurangi perasaan cemas, dan stres yang dapat memengaruhi konsumsi makanan saat Natal.

Kesibukan saat Natal sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Usahakan untuk melakukan aktivitas fisik selama kurang lebih 30 menit minimal 3 kali dalam seminggu. Dilansir dari Healthline, olahraga yang disarankan di antaranya adalah berjalan, berlari, bersepeda, senam, dan renang.


Baca juga artikel terkait NATAL atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight