Manfaat Biji Nangka: Bantu Pencernaan Hingga Kurangi Kolesterol

Oleh: Febriansyah - 31 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah penelitian menyimpulkan biji nangka memiliki banyak kandungan penting untuk kesehatan.
tirto.id - Nangka adalah buah yang banyak ditemukan di beberapa negara di benua Asia. Selain buahnya yang lezat dan manis, biji nangka juga bisa dikonsumsi. Terhitung ada sekitar 100-500-an biji dalam satu buah nangka.

Jika dibandingkan dengan biji buah tropis lainnya, biji nangka juga memiliki lebih banyak nutrisi yang penting. Biji buah nangka mengandung pati, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan dalam kadar tinggi.

Dalam jurnal Wiley Online Library dijelaskan bahwa satu porsi biji nangka mengandung 53 gram kalori, 11 gram karbohidrat, 2 gram protein, 0,5 gram serat dan tidak mengandung lemak.

Selain itu, biji nangka juga mengandung dua vitamin B konsentrasi tinggi, yakni tiamin dan riboflavin. Keduanya bisa memberikan energi pada tubuh serta melakukan fungsi penting lainnya.


Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan

Sebagaimana dilansir helathline, biji nangka telah digunakan dalam tradisi pengobatan Cina Tradisional sebagai afrodisiak dan untuk mengatasi masalah pencernaan. Sementara di era modern, para ilmuwan telah menemukan beberapa manfaat dari biji nangka untuk kesehatan sebagai beriku.

1. Memiliki efek antimikroba

Di pengobatan tradisional, biji nangka dipakai meredakan diare. Sementara sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Food Science menunjukkan bahwa biji nangka memiliki efek antibakteri.

Penelitian ini menunjukkan bahwa permukaan biji nangka ditutupi dengan partikel-partikel kecil yang bertindak sebagai agen antibakteri. Riset tersebut menyimpulkan bahwa biji nangka memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi agen terapi untuk mencegah penyakit pencernaan yang disebabkan oleh makanan.

2. Memiliki sifat antikanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji nangka mungkin memiliki beberapa sifat antikanker. Hal ini diyakini karena tingkat antioksidan yang mengesankan. Biji nangka kaya antioksidan, khususnya flavonoid, saponin, dan fenolik.

Berdasarkan hasil penelitian, kandungan biji nangka itu dapat membantu memerangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bahkan memperbaiki kerusakan DNA.

3. Dapat membantu pencernaan

Serat biji nangka dapat melewati saluran pencernaan yang tidak tercerna dan membantu menormalkan gerakan usus sehingga membuat kotoran di feses lebih lembut. Serat biji nangka dinilai sebagai prebiotik, yang artinya membantu memberi makan bakteri bermanfaat dalam usus.

4. Dapat mengurangi kadar kolesterol

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa biji nangka bisa mengurangi kadar kolesterol. Efek ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat dan antioksidan pada biji nangka.

Sebuah ulasan dalam International Journal of Biotechnology and Bioengineering, merilis hasil studi yang memiliki kesimpulan bahwa tikus yang memakan lebih banyak biji nangka mengalami penurunan kolesterol LDL (buruk) tinggi. Di sisi lain, kadar kolesterol HDL (baik) juga meningkat. Sedangkan tikus yang memakan lebih sedikit biji nangka mengalami penurunan kolestrerol LDL lebih rendah.


Baca juga artikel terkait BUAH atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Addi M Idhom
DarkLight