Makna Rabu Pon di Penanggalan Jawa: Jadi Hari Reshuffle Jokowi?

Penulis: Syamsul Dwi Maarif, tirto.id - 31 Jan 2023 11:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Apa sebenarnya makna Rabu Pon dalam penanggalan Jawa dan kenapa jadi 'hari keramat' Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet?
tirto.id - Isu reshuffle kabinet Jokowi yang dikabarkan akan dilakukan pada hari Rabu Pon, 1 Februari 2023 besok terus menjadi bahasan. Isu ini berkembang lantaran Jokowi selalu menjadikan hari Rabu Pon sebagai waktu untuk mengumumkan kebijakan reshuffle sejak ia menjabat pada 2014 lalu.

Apa sebenarnya makna Rabu Pon dalam penanggalan Jawa dan kenapa Jokowi kerap memilih hari Rabu Pon sebagai 'hari keramat' mengumumkan reshuffle kabinet?

Masyarakat Indonesia memang sedang diramaikan isu kabar reshuffle Kabinet Indonesia Maju (2019-2024) yang diprediksi pada Rabu, 1 Februari 2023 (10 Rajab 1444 H). Isu ini didukung dengan pemanggilan satu per satu ketua partai koalisi ke Istana, yang menjadi kebiasaan Presiden Joko Widodo sebelum mengambil keputusan penting.

Salah satu nama yang telah dipanggil ke Istana adalah Surya Paloh, Ketua Umum DPP Partai Nasdem pada 26 Januari 2023 lalu. Pemanggilan tersebut dibenarkan Bey Machmudin selaku Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretaris Presiden. Meskipun demikian, Bey tidak menyebutkan topik yang menjadi pembahasan.

Muhammad Mardiono selaku Plt Ketua Umum DPP PPP juga dipanggil Joko Widodo seperti Surya Paloh. Namun setelah dikonfirmasi terkait topik pertemuan, Mardiono membantah jika pembahasan tidak merujuk pada reshuffle kabinet.



Hari Rabu Pon dan Isu Reshuffle Kabinet Jokowi


Hal utama yang menjadi pembahasan terkait isu kabar reshuffle Kabinet Indonesia Maju adalah pemilihan harinya. Presiden Jokowi kerap melakukan perombakan kabinet di Rabu Pon. Berkait dengan itu, 1 Februari 2023 mendatang bertepatan dengan Rabu Pon.

Di sisi lain, ada tidaknya reshuffle kabinet pada Rabu Pon, 1 Februari 2023 mendatang, Adi Prayitno selaku Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia menyampaikan bahwa akan terjadi kejutan besar Presiden Joko Widodo.

“Saya termasuk orang yang meyakini Rabu Pon akan ada kejutan spektakuler. Soal reshuffle kabinet merupakan buntut dari Nasdem yang mengusung Anies untuk maju Pilpres 2024. Selain itu, Jokowi menyebut sudah tidak happy dengan apa yang dilakukan Nasdem,” jelas Adi.


Makna Rabu Pon dalam Penanggalan Jawa


Kalender Rabu, 1 Februari 2023 dalam penanggalan Jawa bertepatan dengan 10 Rejeb 1956 yang memiliki pasaran Pon wuku Julungpujut. Sementara di Kalender Islam hari tersebut berkenaan dengan 10 Rajab 1444 H.

Rabu Pon dalam penanggalan Jawa memiliki neptu 14 yakni Rabu 7 dan Pon 7. Makna Rabu Pon adalah watak lakuning rembulan (memiliki pemikiran seperti bulan). Sifat Rabu Pon menerangi atau membuat hati orang lain menjadi tentram.

Jadi makna Rabu Pon pada penanggalan Jawa kurang lebih diharapkan dapat menjadi 'hari baik' dan keputusan-keputusan yang dibuat di hari ini didoakan dapat membuat hati orang lain menjadi tentram.



Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight