Mahasiswi Ini Rugi Rp10 Juta Usai Kena Tipu Calo Tiket Coldplay

Reporter: Muhammad Naufal, tirto.id - 15 Nov 2023 19:18 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Penipuan itu bermula saat Jennifer cs membeli empat tiket Coldplay dari akun Instagram bernama @thisyourtix pada Juli 2023.
tirto.id - Nasib malang menimpa Jennifer Slavina (20), mahasiswi asal Surabaya, Jawa Timur. Jennifer bersama tiga temannya merupakan calon penonton konser band Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2023).

Namun, setibanya di Jakarta dari Surabaya, Jennifer cs justru menjadi korban penipuan. Penipuan itu bermula saat Jennifer cs membeli empat tiket Coldplay dari akun Instagram bernama @thisyourtix pada Juli 2023.

Per tiket categori 6 itu dihargai Rp2 juta atau naik Rp500 ribu dari harga yang dijual promotor resmi konser Coldplay. Jennifer mengaku tertarik untuk membeli tiket melalui akun Instagram @thisyourtix karena kenaikan harganya tak terlalu tinggi.

"Kami lihat ada yang ngejualin di Instagram, tertarik beli. Karena harganya enggak gila-gilaan. Misal cat 6 itu [harga asli] Rp1,5 juta, dijual seharga Rp2 juta," katanya, ditemui di Gerbang 10 GBK, Jakarta Pusat, Rabu.

Ia lantas membeli empat tiket dengan total harga Rp8 juta itu. Jennifer mengaku membayar keempat tiket itu melalui transfer. Kemudian, pihak akun Instagram @thisyourtix mengirimkan invoice pembelian tiket tersebut.

Pada 14 November 2023, Jennifer mengaku tidak bisa menghubungi pihak @thisyourtix. Padahal, pihak @thisyourtix berjanji untuk memberikan tiket fisik di Mal FX, Jakarta Pusat, pada Rabu pagi ini.


Nasib Naas Penonton Coldplay
Jennifer Slavina (20) (dua dari kanan), calon penonton Coldplay yang kena tipu penjual tiket, ditemui di GKB, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2023). (Tirto.id/Muhammad Naufal)



Hingga pada pagi tadi, pihak @thisyourtix tak memunculkan batang hidungnya di Mal FX. Jennifer saat di Mal FX bertemu dengan korban penipuan lain yang membeli tiket dari @thisyourtix. Sebagian korban melaporkan penipuan itu ke Polda Metro Jaya.

"Ya kami nekat untuk datang ke Jakarta. Dan ternyata h-1, orangnya enggak ada kabar sama sekali. Akhirnya, dari kami sendiri, sudah ke FX, tapi enggak ketemu sama orangnya," urai Jennifer.

"Kalau bikin laporan [ke polisi], sudah diwakilkan, jadi direkap gitu untuk biaya pengeluaran dari semua [korban]," lanjutnya.

Karena sudah jauh-jauh ke Ibu Kota, Jennifer tetap menuju kawasan GBK. Jennifer bersama ketiga temannya berharap ada orang lain yang menjual tiketnya.

Mahasiswi itu menambahkan, total kerugian dia dan ketiga temannya lebih dari Rp10 juta. Nominal ini dihitung dari empat tiket, penginapan, serta transportasi Jakarta-Surabaya dan sebaliknya.

"Ini sih sekarang lagi mau coba nyari yang jual tiket. Kalau total kerugian dari kami berempat lebih dari Rp10 juta," tutur Jennifer.



Baca juga artikel terkait TIKET KONSER COLDPLAY atau tulisan menarik lainnya Muhammad Naufal
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Muhammad Naufal
Penulis: Muhammad Naufal
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight