Luhut: Kami Siapkan Skenario Terburuk 100 Ribu Kasus Corona Sehari

Oleh: Irwan Syambudi - 15 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pemerintah menyiapkan rumah sakit, tenaga kesehatan dan peralatan medis untuk menghadapi skenario terburuk kasus COVID-19.
tirto.id - Penambahan kasus COVID-19 terus meningkat tajam setelah pada Rabu (14/7/2021) kemarin mencapai rekor tertinggi yakni 54.517. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah sudah merancang strategi penanganan untuk skenario terburuk penambahan kasus hingga 100 ribu kasus per hari.

"Kalau kita bicara worst case scenario untuk 60 ribu kasus per hari] atau lebih sedikit. Kita masih sudah cukup oke. Kita tidak berharap sampai ke 100 ribu, tapi itupun kita sudah rancang sekarang kalau sampai terjadi ke sana," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Kamis (15/7/2021).

Saat ini, kata Luhut, pemerintah menjalankan penanganan menghadapi skenario 60 ribu kasus sehari dalam waktu dekat. Pemerintah tengah menyiapkan rumah sakit, tenaga kesehatan hingga peralatan medis.

Untuk kebutuhan tempat tidur pasien COVID-19, konversi 40 persen tempat tidur dari kapasitas rumah untuk isolasi dan perawatan intensif pasien COVID-19. Kemudian pendirian rumah sakit lapangan dengan mengerahkan TNI/Polri.

Termasuk pendirian rumah sakit lapangan dengan memanfaatkan gedung-gedung milik kementerian dan lembaga. Perintah Presiden Joko Widodo, kata Luhut, agar masing-masing kementerian dan lembaga memiliki gedung isolasi sendiri-sendiri untuk pasien gejala ringan.

Apabila aktivasi rumah sakit lapangan dan pemanfaatan gedung itu berjalan, maka tempat tidur untuk pasien COVID-19 akan terpenuhi, sekaligus memecah kepadatan yang selama ini terjadi di rumah sakit rujukan.

“Sekarang ini kami sudah masuk pada worst case scenario yang sudah kami duga akan naik di atas. Ya, kami berharap jangan lebih dari 60 ribu karena itu mesti ada perkiraan lain lagi,” kata Luhut.



Baca juga artikel terkait LAJU KASUS COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight