Lirik Lagu Mars Muhammadiyah Sang Surya dan Siapa Penciptanya?

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif - 4 Agu 2022 15:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Lirik lagu mars Muhammadiyah Sang Surya dan penciptanya.
tirto.id - Lirik lagu mars Muhammadiyah yang berjudul "Sang Surya" diciptakan Djarnawi Hadikoesoemo: Ketua Umum pertama Partai Muslimin Indonesia (Parmusi). Lagu yang memiliki lirik 19 baris tersebut, dibuat pada kurun 1976 silam.

Muhammadiyah adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia yang diinisiasi Ahmad Dahlan (Muhammad Darwis) pada 18 November 1912 di Kampung Kauman, Yogyakarta. Pendiri Muhammadiyah tersebut adalah ulama sekaligus Ketib Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang diangkat pada kurun 1888.

Ahmad Dahlan merupakan anak ke-4 pasangan Abu Bakar dan Siti Aminah yang lahir pada 1 Agustus 1868 di Kampung Kauman, Yogyakarta. Beliau wafat pada 23 Februari 1923 di usia ke-54 tahun, dan kemudian diabadikan Negara Indonesia sebagai Pahlawan Nasional.

Muhammadiyah berdiri dengan tujuan melepaskan agama Islam dari adat kebiasaan yang tidak berdasarkan Al-Quran dan Sunah. Kemudian dalam perjalanannya, Muhammadiyah berkembang pada bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial.

Dikutip dari buku 1 Abad Muhammadiyah: Gagasan Pembaruan Sosial Keagamaan (2010) oleh Abdul Munir Mulkhan dan Ahmad Syafii Maarif, tujuan Muhammadiyah menurut hasil keputusan Muktamar 41 adalah "Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Alloh SWT".

Lirik Lagu Mars Muhammadiyah Berjudul Sang Surya


Muhammadiyah memiliki lagu mars bertajuk "Sang Surya" karya Djarnawi Hadikoesoemo yang diperkirakan dibuat pada 1976 silam. Pencipta lagu tersebut merupakan anak Ki Bagus Hadikusumo (seorang tokoh BPUPKI) yang lahir di Kampung Kauman pada 4 Juli 1920.

Djarnawi tumbuh di lingkungan Muhammadiyah semenjak lahir. Wajar saja apabila semasa hidupnya, beliau banyak mengabdikan diri untuk Muhammadiyah. Beberapa posisi di organisasi Muhammadiyah yang pernah digeluti Djarnawi, mulai dari Sekretaris II hingga Wakil Ketua Pengurus Pusat pada 1985.

Djarnawi juga pernah terlibat aktivitas politik dengan menjadi anggota Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi). Dalam perjalanannya, beliau bahkan berkedudukan sebagai Ketua Umum pertama Partai Muslimin Indonesia.

Salah satu karya Djarnawi Hadikoesoemo yang terkenal hingga sekarang ini adalah lagu mars Muhammadiyah bertajuk Sang Surya. Dilansir laman Muhammadiyah, berikut ini lirik lengkap lagu mars Muhammadiyah tersebut:

Sang Surya tetap bersinar

Syahadat dua melingkar

Warna yang hijau berseri

Membuatku rela hati



Ya Allah Tuhan Rabiku

Muhammad Junjunganku

Al Islam agamaku

Muhammadiyah gerakanku



Di timur fajar cerah gemerlapan

Menguri kabut hitam

Menggugah kaum muslimin

Tinggalkan peraduan

Lihatlah matahari telah tinggi

Di ufuk timur sana

Seruan Ilahi Rabi Sami’na watha’na



Ya Allah Tuhan Rabbiku

Muhammad Junjunganku

Al Islam agamaku

Muhammadiyah gerakanku


Baca juga artikel terkait MUHAMMADIYAH atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight