Lirik Lagu Mars Muhammadiyah Sang Surya dan Profil Penciptanya

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif, tirto.id - 16 Nov 2023 15:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah lirik lagu Mars Muhammadiyah dan pencipta lagu "Sang Surya" beserta makna lagu Mars Muhammadiyah "Sang Surya".
tirto.id - Lirik lagu berjudul "Sang Surya" adalah Mars Muhammadiyah yang biasanya dinyanyikan saat perayaan milad atau harlah, dan muktamar.

Pencipta Mars Muhammadiyah adalah Djarnawi Hadikoesoemo yang merupakan Ketua Umum pertama Partai Muslimin Indonesia (Parmusi). Ia anak Ki Bagus Hadikusumo (seorang tokoh BPUPKI) yang lahir di Kampung Kauman, Yogyakarta, pada 4 Juli 1920.

Djarnawi tumbuh di lingkungan Muhammadiyah semenjak lahir. Wajar saja apabila semasa hidupnya, beliau banyak mengabdikan diri untuk Muhammadiyah. Beberapa posisi di organisasi Muhammadiyah yang pernah digeluti Djarnawi, mulai dari Sekretaris II hingga Wakil Ketua Pengurus Pusat pada 1985.

Djarnawi juga pernah terlibat aktivitas politik dengan menjadi anggota Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi). Dalam perjalanannya, beliau bahkan berkedudukan sebagai Ketua Umum pertama Partai Muslimin Indonesia.

Lalu kapan lagu Mars Muhammadiyah diciptakan? Lirik "Sang Surya" tercipta pada kurun 1976 silam. Djarnawi, sang pencipta lagu "Sang Surya" membuat liriknya sebanyak 19 baris yang terbagi dalam 4 bait.

Selanjutnya, apa sebenarnya makna Mars Muhammadiyah?

Makna Mars Muhammadiyah "Sang Surya"


Berikut adalah makna lagu Mars Muhammadiyah "Sang Surya" bait per bait seperti dikutip laman Universitas Muhammadiyah Kotabumi:

1. Bait Pertama

Menggambarkan esensi lambang Muhammadiyah yang mencakup kalimat syahadat, simbol matahari, dan warna hijau sebagai identitas khas agama Islam.

2. Bait Kedua


Menyampaikan signifikansi syahadat, yang menegaskan bahwa Allah adalah satu-satunya Rabb yang harus disembah, Muhammad sebagai nabi yang patut diikuti, Islam sebagai panduan hidup, dan Muhammadiyah sebagai wahana berdakwah dan berbakti kepada umat.

3. Bait Ketiga


Menginspirasi umat Muslim ketika fajar menyingsing, menggambarkan kabut hitam sebagai metafora malam yang harus ditinggalkan untuk fokus pada urusan akhirat. Lagu ini memotivasi kaum Muslim untuk bersama-sama bangkit dari kemalasan menuju hari yang cerah.

4. Bait Keempat


Melanjutkan tema bait ketiga, mengajak untuk selalu mendengar dan taat pada perintah Allah tanpa paksaan, sejalan dengan ajaran Al-Qur'an dan As-Sunnah, serta menjalankan Islam dengan tulus dan ikhlas.

Lirik Lagu Mars Muhammadiyah Berjudul Sang Surya


Muhammadiyah memiliki lagu mars bertajuk "Sang Surya" karya Djarnawi Hadikoesoemo.

Dilansir laman Muhammadiyah, berikut ini lirik lengkap lagu mars Muhammadiyah tersebut:

Sang Surya tetap bersinar
Syahadat dua melingkar
Warna yang hijau berseri
Membuatku rela hati

Ya Allah Tuhan Rabiku
Muhammad Junjunganku
Al Islam agamaku
Muhammadiyah gerakanku

Di timur fajar cerah gemerlapan
Menguri kabut hitam
Menggugah kaum muslimin
Tinggalkan peraduan
Lihatlah matahari telah tinggi
Di ufuk timur sana
Seruan Ilahi Rabi Sami’na watha’na

Ya Allah Tuhan Rabbiku
Muhammad Junjunganku
Al Islam agamaku
Muhammadiyah gerakanku



Baca juga artikel terkait MARS MUHAMMADIYAH atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Penyelaras: Dhita Koesno
DarkLight