Menuju konten utama

Link Unduh Surat Lamaran dan Pernyataan PPPK Kemlu 2024

Link unduh surat lamaran dan surat pernyataan PPPK Kemlu 2024 sesuai format yang ditentukan panitia seleksi.

Link Unduh Surat Lamaran dan Pernyataan PPPK Kemlu 2024
Ilustrasi dokumen atau surat lamaran kerja. (FOTO/iStockphoto)

tirto.id - Panitia seleksi menetapkan beberapa syarat melamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) 2024. Dua dokumen persyaratan melamar PPPK Kemlu 2024 adalah surat lamaran dan surat pernyataan.

Pelamar wajib menyerahkan surat lamaran dan pernyataan PPPK Kemlu 2024 sesuai format yang ditentukan panitia seleksi. Oleh karena itu, penting bagi pelamar mengunduh contoh format surat lamaran dan pernyataan PPPK Kemlu 2024 yang benar.

Surat lamaran dan surat pernyataan merupakan sebagian dokumen yang harus diserahkan pelamar PPPK Kemlu 2024. Kedua dokumen tersebut harus diserahkan dalam bentuk digital melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di alamat https://sscasn.bkn.go.id.

Dokumen tersebut diunggah ke SSCASN saat mengisi biodata dan mengunggah berkas-berkas lainnya saat pendaftaran. Proses pendaftaran PPPK Kemlu 2024 sendiri berlangsung dalam dua periode

Periode I (1 Oktober-20 Oktober 2024) adalah pendaftaran bagi pegawai non-ASN yang terdaftar di BKN. Sementara itu, Periode II (17 November-31 Desember 2024) adalah pendaftaran bagi pegawai yang aktif bekerja di Kemlu minimal dua tahun terakhir secara terus-menerus.

Formasi PPPK Kemlu 2024 dan Unit Penempatan

Terdapat 170 alokasi kebutuhan PPPK yang dibuka Kemlu dalam seleksi tahun 2024. Formasi tersebut dialokasikan untuk tiga jabatan pelaksana dengan masa hubungan perjanjian kerja 3 tahun. Berikut rincian alokasi formasi PPPK Kemlu 2024:

  1. Jabatan Pelaksana Penata Layanan Operasional (94 alokasi): Kualifikasi pendidikan S-1 atau D-IV semua program studi.
  2. Jabatan Pelaksana Pengelola Layanan Operasional (7 alokasi): Kualifikasi pendidikan D-III semua program studi.
  3. Jabatan Pelaksana Operator Layanan Operasional (69 alokasi): Kualifikasi pendidikan SLTA/Sederajat.
Adapun sejumlah unit organisasi Kemlu yang mendapatkan alokasi kebutuhan, yakni:

  1. Sekretariat Jenderal
  2. Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika
  3. Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa
  4. Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN
  5. Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral
  6. Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional
  7. Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik
  8. Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler
  9. Inspektorat Jenderal
  10. Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri

Pengelompokan seluruh jabatan pelaksana akan dilakukan Kemlu dan unit penempatannya akan ditentukan oleh Panitia Seleksi berdasarkan kebutuhan unit organisasi.

Link Surat Lamaran PPPK Kemlu 2024

Surat lamaran adalah salah satu syarat dokumen wajib yang harus diserahkan pelamar PPPK Kemlu 2024. Surat lamaran sendiri memuat informasi identitas diri pelamar, tujuan surat, dan alokasi kebutuhan yang didaftarkan.

Surat lamaran PPPK Kemlu 2024 juga memuat pernyataan bahwa surat, data, serta dokumen yang disertakan adalah benar adanya. Pernyataan ini dimaksudkan untuk menjamin kebenaran data.

Jika di kemudian hari ditemukan bahwa data yang dikumpulkan tidak benar, maka status keikutsertaan PPPK pelamar bisa dibatalkan. Surat lamaran PPPK Kemlu 2024 wajib diketik dan ditujukan kepada Menteri Luar Negeri.

Surat diakhiri dengan tanda tangan dan nama terang, yang dibubuhi meterai 10.000. Berikut link untuk unduh surat lamaran PPPK Kemlu 2024 dalam format .DOCX yang dapat digunakan pelamar dan diedit sesuai kebutuhan:

Link Unduh Surat Lamaran PPPK Kemlu 2024

Link Surat Pernyataan dan Keterangan Aktif Bekerja PPPK Kemlu 2024

Selain surat lamaran, pelamar PPPK Kemlu 2024 juga wajib menyerahkan surat pernyataan dan surat keterangan aktif bekerja. Surat pernyataan memuat 16 poin pernyataan yang menjamin bahwa pelamar sesuai dengan kriteria PPPK Kemlu 2024.

Poin-poin yang tercantum di surat pernyataan PPPK Kemlu 2024 meliputi latar belakang pelamar, status kepegawaian, hingga ketidakterlibatan pelamar dalam partai politik.

Sama seperti surat lamaran, surat pernyataan wajib ditandatangani dan dibubuhi meterai Rp10.000. Sementara itu, surat keterangan aktif bekerja diserahkan untuk membuktikan bahwa pelamar telah aktif bekerja di instansi pemerintahan.

Pelamar bisa mengunduh dua dokumen persyaratan itu melalui link berikut:

  1. Link Unduh Surat Pernyataan Pelamar PPPK Kemlu 2024
  2. Link Unduh Surat Keterangan Aktif Bekerja PPPK Kemlu 2024

Dokumen Kelengkapan Pendaftaran PPPK Kemlu 2024

Berikut ini daftar dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar PPPK Kemlu 2024:

  1. Surat lamaran asli yang diketik, dibubuhi meterai Rp10.000, dan ditandatangani.
  2. Surat pernyataan menyetujui syarat dan ketentuan, diketik, dibubuhi meterai Rp10.000, dan ditandatangani.
  3. KTP asli atau Surat Keterangan (Suket) dari Disdukcapil.
  4. Ijazah asli, termasuk penilaian kesetaraan bagi lulusan luar negeri (PTLN).
  5. Transkrip nilai asli, termasuk konversi nilai bagi lulusan luar negeri (PTLN).
  6. Bukti pengalaman kerja berupa kontrak kerja dengan masa kerja minimal 2 tahun di Kemlu.
  7. Surat keterangan aktif bekerja di Kemlu, ditandatangani oleh pejabat tinggi pratama, dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun.
  8. Pas foto terbaru berwarna ukuran 4x6, latar belakang merah, pakaian formal.

Baca juga artikel terkait PPPK 2024 atau tulisan lainnya dari Nisa Hayyu Rahmia

tirto.id - Aktual dan Tren
Kontributor: Nisa Hayyu Rahmia
Penulis: Nisa Hayyu Rahmia
Editor: Yonada Nancy & Dipna Videlia Putsanra