Suzuki AFF Cup 2020

Link Streaming Indonesia vs Thailand Live Final AFF Leg 1 Malam Ini

Penulis: Iswara N Raditya - 29 Des 2021 15:00 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Road to final Piala AFF 2021 Timnas Indonesia vs Thailand, siapa yang akan menjadi juara Suzuki AFF Cup 2020?
tirto.id - Link streaming Timnas Indonesia vs Thailand dalam final AFF Cup 2020 leg 1 dapat ditonton melalui live RCTI+ dan Vidio, juga siaran langsung RCTI dan iNews TV malam ini, Rabu (29/12/2021). Pertandingan final Piala AFF 2021 leg 1 nanti digelar di Stadion Nasional Singapura.

Final Suzuki AFF Cup 2020 dihelat dalam 2 leg kendati diselenggarakan terpusat di Singapura lantaran situasi pandemi COVID-19. Leg 1 final Piala AFF 2021 Indonesia vs Thailand dihelat pada Rabu (29/12/2021), sedangkan leg 2 tersaji pada Sabtu (1/1/2022). Siaran langsung dan live streaming laga ini bisa ditonton melalui RCTI, iNews TV, RCTI+, atau Vidio mulai jam 19.30 WIB.

Timnas Indonesia sudah 5 kali masuk final Piala AFF sepanjang sejarah. Namun, seluruh laga puncak tersebut selalu berakhir dengan kekalahan alias belum ada trofi AFF yang bisa direngkuh. Sementara Thailand, dari 9 kesempatan tampil di final, termasuk saat turnamen masih bernama Piala Tiger, 5 di antaranya tuntas dengan meraih juara AFF Cup.

Road to Final Suzuki AFF Cup 2020: Jadwal Timnas Indonesia vs Thailand Live TV

Turnamen tahun ini sejatinya bertajuk Suzuki AFF Cup 2020. Namun, karena pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia sejak awal tahun lalu, maka ajang sepak bola bergengsi di ASEAN ini baru dimulai pada awal Desember 2021 lalu. Maka, sebutan Piala AFF 2021 pun mulai lazim terdengar.

Di babak penyisihan grup Suzuki AFF Cup 2020, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Vietnam, Kamboja, dan Laos. Laga pembuka kontra Kamboja yang dihelat di Stadion Bishan Singapura dilalui dengan mulus oleh skuad Garuda asuhan pelatih Shin Tae-yong.


Timnas Indonesia menang dengan skor cukup meyakinkan 4-2 atas Kamboja. Rachmat Irianto mencetak 2 gol di pertandingan itu, ditambah 2 gol lainnya yang disumbangkan oleh sang kapten Evan Dimas Darmono serta winger belia asal Papua, Ramai Rumakiek.

Pertandingan Grup B kedua kontra Laos kembali dituntaskan dengan mantap oleh Timnas Indonesia. Pesta gol 5-1 yang masing-masing tercatat atas nama Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian, dan Evan Dimas Darmono menjadi hasil akhir Indonesia vs Laos.

Di laga ketiga, Shin Tae-yong menerapkan strategi bertahan total untuk membendung serbuan sang juara bertahan, Vietnam. Taktik tersebut membuahkan hasil positif karena para pemain Vietnam gagal menjebol gawang Indonesia. Pertandingan berakhir dengan skor imbang 0-0.

Seteru abadi, Malaysia, menjadi lawan terakhir Timnas Indonesia di Grup B. Kendati sempat tertinggal terlebih dulu, anak-anak Garuda lantas bangkit dan mengganyang Harimau Malaya dengan skor akhir 4-1. Brace Irfan Jaya serta masing-masing 1 gol dari Pratama Arhan dan Elkan Baggott memulangkan Malaysia lebih cepat.


Klasemen akhir Grup B Piala AFF 2021 menunjukkan Indonesia di posisi pertama dengan raihan 10 poin, mengungguli Vietnam yang mengumpulkan jumlah poin yang sama tapi kalah produktivitas gol. Skuad Merah Putih lolos ke semifinal sebagai juara Grup B, didampingi Vietnam selaku runner-up Grup B.

Di 4 besar Suzuki AFF Cup 2020, Indonesia telah ditunggu Singapura yang melaju ke semifinal dengan status runner-up Grup A untuk mengiringi Thailand yang tampil sebagai juara Grup A. Singapura diuntungkan karena selalu tampil di kandang sendiri dalam laga semifinal yang digelar dalam 2 leg.

Leg 1 semifinal Piala AFF 2021 tampaknya bakal dimenangkan oleh Indonesia setelah Witan Sulaeman mencatatkan namanya di papan skor. Namun, di babak kedua Singapura bangkit dan mampu menjebol gawang Nadeo Argawinata. Skor akhir leg 1 adalah sama kuat 1-1.


Duel semifinal leg 2 untuk menentukan siapa yang berhak tampil di final Suzuki AFF Cup 2020 berlangsung sengit dan penuh drama. Singapura harus mengakhiri laga yang harus dituntaskan lewat babak tambahan dengan 8 pemain lantaran 3 penggawanya kena kartu merah.

Setelah melalui perjuangan keras dan melelahkan dengan dibumbui sejumlah kontroversi yang membuat pendukung kedua tim senam jantung, Indonesia akhirnya menjadi pemenang dengan skor akhir 4-2. Garuda lolos ke final, pasukan Singa tersingkir dengan rasa hormat dan kebanggaan.

Di final Piala AFF 2021, Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand yang mencapai partai puncak dengan cukup mulus. The Elephant War tampil perkasa di Grup A dengan capaian sempurna, mengalahkan Timor Leste (2-0), Myanmar (4-0), Filipina (2-1), dan Singapura (2-0).

Thailand kembali menunjukkan tajinya saat menghadapi Vietnam di 2 leg pertandingan semifinal Suzuki AFF Cup 2020. Di leg 1, Teerasil Dangda dan kolega menang 2-0, kemudian bermain seri tanpa gol di leg 2. Pasukan Gajah Perang melaju ke final, sedangkan sang juara bertahan gagal mempertahankan gelar.


Final Indonesia vs Thailand: Siapa Juara Piala AFF 2021?


Road to Final Timnas Indonesia

  • Indonesia vs Kamboja Skor 4-2
  • Laos vs Indonesia Skor 1-5
  • Indonesia vs Vietnam Skor 0-0
  • Malaysia vs Indonesia Skor 4-1
  • Singapura vs Indonesia Skor 2-2
  • Indonesia vs Singapura Skor 4-2


Road to Final Timnas Thailand

  • Timor Leste vs Thailand Skor 0-2
  • Thailand vs Myanmar Skor 4-0
  • Filipina vs Thailand Skor 1-2
  • Thailand vs Singapura Skor 2-0
  • Vietnam vs Thailand Skor 0-2
  • Thailand vs Vietnam Skor 0-0


Jadwal Final Piala AFF 2021 Indonesia vs Thailand


Final Leg 1 Indonesia vs Thailand

Rabu, 29 Desember 2021
Pukul 19.30 WIB
Di Stadion Nasional Singapura
Siaran Langsung iNews TV & RCTI
Live Streaming RCTI+ & Vidio


Final Leg 2 Thailand vs Indonesia

Sabtu, 1 Januari 2022
Pukul 19.30 WIB
Di Stadion Nasional Singapura
Siaran Langsung iNews TV & RCTI
Live Streaming RCTI+ & Vidio



Live Streaming Indonesia vs Thailand Final Piala AFF 2021

Pertandingan Indonesia vs Thailand dalam jadwal final leg 1 dan leg 2 Piala AFF 2021 dapat disaksikan melalui siaran langsung RCTI maupun iNews. Duel yang dihelat di Stadion Nasional Singapura ini juga bisa dipantau lewat live streaming RCTI+ dan Vidio secara gratis.

LINK LIVE STREAMING INDONESIA VS THAILAND VIDIO

LINK LIVE STREAMING INDONESIA VS THAILAND RCTI+

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2021 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Addi M Idhom

DarkLight