Piala AFF 2021

Daftar Pemain Timnas Thailand di Piala AFF 2021, Jadwal, & Skuad

Kontributor: Wan Faizal - 29 Nov 2021 11:43 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Berikut daftar pemain Timnas Thailand di AFF Cup atau Piala AFF 2021. Cek juga soal jadwal lengkap, serta performa pemain dan tim.
tirto.id - Daftar pemain Timnas Thailand di Piala AFF 2021 berisikan 30 pemain, skuad merupakan hasil pilihan pelatih Alexandre Polking. Thailand juga menjadi salah satu tim favorit dalam kejuaraan sepak bola antarnegara Asia Tenggara yang dijadwalkan berlangsung di Singapura, pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

Mengacu hasil drawing AFF Cup 2021, Thailand tergabung di Grup A bersama: Myanmar, Filipina, Singapura, dan Timor Leste. Sementara laga perdana Tim Gajah Putih akan menghadapi Timor Leste pada Minggu (5/12/2021) pukul 19.00 WIB



Dengan koleksi 5 gelar juara, Thailand juga tercatat sebagai tim tersukses dalam gelaran Piala AFF atau yang dulu sempat disebut Piala Tiger (Tiger Cup). Kali ini Timnas Thailand bertekad merebut kembali supremasi tertinggi sepak bola Asia Tenggara itu, usai pada gelaran sebelumnya atau edisi 2018 lalu dihentikan Malaysia di semifinal.

Salah satu upaya nyata Timnas Thailand untuk mewujudkan misinya tersebut, ditunjukkan dengan merekrut Alexandre Polking sebagai pelatih baru. Juru taktik berusia 45 tahun asal Jerman tersebut bukan sosok baru dalam persepakbolaan Thailand.

Polking pernah menjadi asisten pelatih Winfried Schaefer saat menukangi Timnas Thailand pada 2012-2013. Ia juga punya pengalaman membesut 3 klub ternama Thailand, yakni Army United (2013), Supanburi (2014), serta Bangkok United (2014-2020).

Daftar Skuad Timnas Thailand

Polking telah merilis 30 nama yang akan membela nama besar Thailand di Piala AFF 2021. Melihat daftar nama yang ada, tak salah jika menyebut Changsuek, julukan Timnas Thailand, sebagai kandidat juara. Pasalnya di sana masih terdapat beberapa pemain andalan seperti: Teerasil Dangda, Chanatip Songkrasin, dan Teerathon Bunmathan.

Meski sudah berusia 33 tahun, Teerasil tetap bisa diandalkan di lini depan. Pemain BG Pathum United itu punya catatan 15 gol selama bermain di Piala AFF, serta memberikan 1 gelar juara di ajang tersebut.

Kehadiran Teerasil tentu bakal memaksa 2 striker Thailand lain, yakni Supachai Chaided dan Adisak Kraisorn, untuk dituntut selalu memberikan yang terbaik jika dipercaya turun.

Sementara itu kehadiran Chanatip dan Teerathon juga bakal meningkatkan kualitas permainan Thailand. Keduanya saat ini masih aktif bermain di Liga Jepang. Teerathon bermain untuk Yokohama F. Marinos, sedangkan Chanatip memperkuat Hokkaido Consadole Sapporo.

Selain 3 pemain kunci di atas, masih banyak pemain berpengalaman lainnya di kubu Thailand. Misalnya: Sarach Yooyen (48 caps), Pokklaw Anan (43 caps), Thitiphan Puangchan (36 caps), Tristan Do (37 caps), dan Kawin Thamsatchanan (67 caps).

Di antara nama-nama tersebut, pemanggilan Kawin yang mengisi pos penjaga gawang menjadi yang paling dianggap kontroversial. Meski berstatus sebagai pemain OH Leuven di Liga Belgia, namun ia sangat jarang mendapatkan kesempatan bermain. Sejak musim lalu, Kawin tercatat hanya bermain 1 kali sepanjang 44 menit dan sudah kebobolan 2 gol.

Akan tetapi Polking punya jawaban atas kritik pemanggilan Kawin. Pemain berusia 31 tahun itu disebutnya punya segudang pengalaman yang pastinya bakal berguna. Kawin juga belum tentu menjadi kiper utama, lantaran masih ada persaingan dengan Siwarak Tedsungnoen.

"Mungkin banyak orang terkejut dengan pemanggilan Kawin. Tapi saya sangat mengenal dia, dan pengalamannya akan berguna bagi tim. Kawin merupakan kapten saat Thailand juara di 2 edisi Piala AFF," ucap Polking.

Ada pula beberapa nama lain yang patut dinanti aksinya. Terutama 2 nama yang bermain di kompetisi Eropa. Mereka adalah Jonathan Khemdee di OB klub Liga Denmark, dan serta Thanawat Suengchittawon yang masih berstatus sebagai pemain Leicester City di Liga Inggris.

Sementara dari sisi jadwal pertandingan, Timnas Thailand termasuk diuntungkan lantaran bakal menghadapi Timor Leste pada laga perdana. Selain di atas kertas unggul dari sisi kualitas pemain, Thailand juga punya head to head sempurna atas Timor Leste. Berikutnya Thailand akan menghadapi 3 penghuni Grup A lainnya, dengan level kesulitan yang meningkat.

Thailand juga tak perlu risau dengan semua calon rival di Grup A. Pasalnya mereka punya rekor pertemuan yang apik melawan para pesaingnya. Thailand punya rekor 33 menang, 14 imbang, dan 13 kalah, kontra Singapura. Mereka juga unggul atas Filipina (17 menang, 2 imbang, 2 kalah).

Dari semua kontestan, Thailand hanya kalah head to head dari Malaysia, yakni: 27 menang, 28 imbang, dan 38 kalah. Tapi kebetulan Malaysia tidak masuk di Grup A, Harimau Malaya tergabung di Grup B bersama Indonesia, Kamboja, Laos, dan juara bertahan Vietnam.



Daftar Pemain Thailand di Piala AFF 2021

Kiper: Kawin Thamsatchanan (OH Leuven), Siwarak Tedsungnoen (Buriram United), Chatchai Budprom (BG Pathum United)

Bek: Teerathon Bunmathan (Yokohama F. Marinos), Tristan Do (Bangkok United), Narubadin Weerawatnodom (Buriram United), Manuel Bihr (Bangkok United), Philip Roller (Port), Suriya Singmui (Chiangrai United), Elias Dolah (Port), Pawee Tanthatemee (Ratchaburi Mitr Phol), Jonathan Khemdee (Odense Boldklub)

Gelandang: Chanatip Songkrasin (Hokkaido Consadole Sapporo), Sarach Yooyen (BG Pathum United), Pokklaw Anan (Bangkok United), Thitiphan Puangchan (Bangkok United), Supachok Sarachat (Buriram United), Bordin Phala (Port), Sivakorn Tiatrakul (Chiangrai United), Phitiwat Sukjitthammakul (Chiangrai United), Pakorn Prempak (Port), Thanawat Suengchittawon (Leicester City), Pathompol Charoenrattanapirom (BG Pathum United), Picha Autra (Muangthong United), Weerathep Pomphan (Muangthong United), Worachit Kanitsribampen (Chonburi), Kritsada Kaman (Chonburi)

Striker: Teerasil Dangda (BG Pathum United), Adisak Kraisorn (Muangthong United), Supachai Chaided (Buriram United)

Pelatih: Alexandre Polking


Jadwal Timnas Thailand di Piala AFF 2021

GRUP A

Minggu (05/12), 19.00 WIB: Timor Leste vs Thailand

Sabtu (11/12), 19.00 WIB: Thailand vs Myanmar

Selasa (14/12), 16.30 WIB: Filipina vs Thailand

Sabtu (18/12), 19.30 WIB: Thailand vs Singapura

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2021 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Oryza Aditama

DarkLight