prakerja.co.id dashboard

Link eForm BNI Prakerja 2021 dan Cara Mengisinya

Oleh: Yonada Nancy - 28 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pendataran rekening BNI menggunakan e-form dan penerima manfaat Kartu Prakerja tidak akan dikenakan biaya apapun, termasuk saldo awal pembukaan rekening.
tirto.id - Penerima manfaat Kartu Prakerja dapat membuka rekening BNI secara online. Layanan pembukaan rekening BNI online ini dibuka untuk mencegah adanya kerumunan di bank untuk mencegah penularan COVID-19. Pembukaan rekening BNI secara online dilakukan dengan mengisi BNI e-form.

"Untuk para peserta apabila belum mempunyai rekening bank, BNI telah menyiapkan sistem e-form, artinya peserta dapat membuka rekening bisa dari rumah saja," terang General Manager Hubungan Kelembagaan BNI, GC Koen Yulianto seperti yang dilansir dari Antara, Selasa (28/9/2021).

Lebih lanjut, Koen mengatakan bahwa penerima manfaat Kartu Prakerja tidak akan dikenakan biaya apapun, termasuk biaya administrasi dan pembukaan saldo awal.

"Dalam pembukaan rekening tabungan untuk program Prakerja, peserta tidak perlu memakai saldo awal, nol rupiah tidak masalah, dan juga tidak ada biaya administrasi selama satu tahun," katanya.

Pendataran rekening BNI menggunakan e-form, dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:
  • Melalui browser, buka link https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/simpananDataDiriPrakerja
  • Isi data diri sesuai dengan kolom yang tercantum pada e-form, termasuk nama, tempat dan tanggal lahir, nomor KTP, status perkawinan, hingga alamat.
  • Masukkan nomor telepon dan alamat email yang masih aktif. Ini penting untuk menerima notifikasi dan kode verifikasi.
  • Unggah wajah selfie, foto selfie, foto KTP yang tersedia.
  • Isi kode Captcha di kolom yang telah ditentukan, kemudian centang kotak "Syarat & Ketentuan"
  • Klik "Selanjutnya"
  • Setelah formulir selesai diisi, pilih jadwal kedatangan pembukaan rekening di kantor cabang BNI terdekat sesuai dengan domisili. Pilih pula tanggal dan jam kedatangan ke kantor BNI cabang
  • Setelah selesai, pendaftar akan menerima kode veriikasi melalui SMS sesuai dengan nomor telepon yang didaftarkan
  • Cetak e-form yang telah berhasil diisi untuk dibawa ke kantor cabang BNI sesuai dengan jadwal dan lokasi yang dipilih
  • Pendaftar dapat langsung melakukan aktivasi BNI Mobile Banking dan Kartu Debit BNI di kantor cabang BNI.
Saat ini BNI merupakan satu-satunya bank yang bermitra dengan Kartu Prakerja. Selain BNI, Kartu Prakerja juga bekerjasama dengan layanan digital lainnya seperti OVO, GoPay, Dana, dan LinkAja.

Program Kartu Prakerja sendiri saat ini telah memasuki gelombang ke-21. Pendaftarannya telah dibuka sejak 9 September 2021 pukul 12.00 WIB. Pada gelombang ke-21 ini pemerintah membuka kuota lebih dari 750 ribu penerima manfaat.

Penerima manfaat Kartu Prakerja akan memperoleh bantuan uang sebesar Rp3,55 juta. Jumlah tersebut akan dibagi menjadi dana pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp600 ribu selama 4 bulan, dan insentif survey sebesar Rp150 ribu.

Khusus saldo pelatihan sebesar Rp1 juta tidak dapat diuangkan dan hanya bisa ditukar untuk membeli pelatihan di platform digital.

Sama seperti program Kartu Prakerja sebelumnya, penerima manfaat dari program ini diprioritaskan bagi pekerja yang di-PHK akibat dampak pandemi. Selain itu, Kartu Prakerja juga diprioritaskan bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight