https://www.prakerja.go.id/

Cara Mencairkan Insentif Prakerja 2021: BNI, GoPay, Ovo, LinkAja

Oleh: Abdul Hadi - 28 September 2021
Dibaca Normal 3 menit
Pencairan insentif Prakerja bisa dilakukan lewat dompet digital, di antaranya platform LinkAja, OVO, DANA, atau GoPay milik masing-masing peserta.
tirto.id - Pencairan uang atau dana insentif bagi penerima program Kartu Prakerja dapat dilakukan melalui dompet digital (e-wallet) atau rekening bank BNI.

Dompet digital yang dapat digunakan di antaranya platform LinkAja, OVO, DANA, atau GoPay milik masing-masing peserta.

Uang insentif bagi penerima Kartu Prakerja ini terdiri dari dua jenis, yaitu insentif biaya mencari kerja, sebesar Rp600 ribu selama empat bulan berturut-turut. Kemudian, insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp50 ribu per survei. Biasanya terdapat tiga survei yang diisi sehingga akumulasinya adalah Rp150 ribu.

Kendati demikian, insentif Kartu Prakerja itu hanya bisa dicairkan setelah peserta memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  • Peserta telah menyelesaikan pelatihan yang dibuktikan dengan adanya sertifikat pelatihan.
  • Telah memberikan ulasan terhadap lembaga pelatihan.
  • Peserta sudah memberikan penilaian kepada lembaga pelatihan di platform digital.
  • Peserta berhasil menyambungkan rekening bank atau dompet digital pada akun peserta di situs prakerja: https://www.prakerja.go.id/
  • Nomor rekening bank atau dompet digital yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.
Sebagai informasi, insentif biaya pelatihan hanya diberikan pada saat menyelesaikan pelatihan pertama. Insentif tidak diberikan untuk pelatihan kedua dan selanjutnya.

Uang insentif ini juga hanya diberikan secara non-tunai, baik itu melalui transfer bank atau melalui akun dompet digital yang didaftarkan. Jika ingin insentif tunai, peserta dapat melakukan tarik tunai dari rekening BNI-nya masing-masing.

Sementara itu, bagi peserta yang menggunakan opsi pencairan melalui dompet digital, peserta dapat mencairkannya dengan tunai melalui transfer ke nomor rekening yang lain, lalu mengambilnya dengan tarik tunai.

Cara Cairkan Insentif Prakerja Lewat Bank BNI



Apabila peserta Kartu Prakerja telah memiliki rekening BNI, peserta dapat langsung mendaftarkan nomor rekening miliknya tersebut di situs prakerja, sebagaimana dilansir laman resmi BNI.

Sementara itu, jika peserta belum memiliki rekeningnya. BNI menyediakan pembukaan rekening secara daring untuk mempermudah masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Berikut adalah tahapan cara membuka rekening BNI Kartu Pekerja:
  1. Buka halaman e-form BNI. Peserta juga dapat membuka laman tersebut melalui halaman https://www.prakerja.go.id/ dan klik logo BNI.
  2. Setelah terbuka, isi formulir daring pembukaan rekening yang tersedia.
  3. Peserta Kartu Prakerja memilih jadwal kedatangan pembukaan rekening di kantor cabang BNI terdekat sesuai dengan domisili.
  4. Pilih tanggal dan jam kedatangan ke kantor cabang.
  5. Setelah selesai, terdapat kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS.
  6. Pendaftaraan melalui e-form BNI telah berhasil.
  7. Anda dapat menyimpan dan mencetak e-form tersebut dan dibawa ke kantor cabang BNI sesuai dengan waktu kedatangan yang telah dipilih.
  8. Di kantor cabang BNI, peserta dapat langsung mengaktivasi BNI Mobile Banking dan Kartu Debit BNI.
Peserta akan menerima saldo pertama sebesar Rp1 juta. Namun, saldo itu hanya dapat digunakan untuk membayar biaya pelatihan dan tak bisa dicairkan. Sementara itu, uang insentif, baik bantuan pasca-pelatihan dan pasca-pengisian survei dapat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari atau biaya mencari kerja.

Keuntungan membuka rekening BNI untuk penerima Kartu Prakerja adalah tabungan BNI ini dapat dibuka tanpa setoran awal. Selain itu, tahun pertamanya tidak dikenakan biaya administrasi, yang diikuti dengan biaya administrasi ringan di tahun selanjutnya.

Cara Cairkan Insentif Prakerja Lewat LinkAja


  1. Pastikan Anda menyelesaikan pelatihan yang telah dipilih di mitra pembelajaran program Kartu Prakerja.
  2. Unduh aplikasi LinkAja melalui Google Play Store pada perangkat Android, atau Apple Store pada perangkat iOS.
  3. Pilih penyaluran dana insentif Program Kartu Prakerja melalui LinkAja.
  4. Selesai.
Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk berbagai kebutuhan harian termasuk membayar token listrik, membeli paket internet, dan lain-lain. Sementara itu, Anda juga dapat mengirimkannya ke rekening bank untuk mencairkannya secara tunai.

Cara Cairkan Insentif Prakerja Lewat GoPay



Jika ingin mencairkan insentif Kartu Prakerja melalui GoPay, pastikan beberapa hal di bawah ini:
  • Nomor Gojek Anda sama dengan nomor yang Anda daftarkan di Kartu Prakerja.
  • Anda telah memperbaharui akun Anda ke GoPay Plus.
  • Nomor identitas di KTP yang digunakan untuk meningkatkan ke GoPay Plus sama dengan yang Anda daftarkan di Kartu Prakerja.
Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini saat diminta untuk memilih metode pembayaran insentif Kartu Prakerja:
  1. Pilih GoPay.
  2. Pastikan nomor telepon Anda di "Halaman Konfirmasi" sudah benar.
  3. Masukkan kode OTP dan PIN GoPay.
Anda akan menerima insentif melalui GoPay setelah Anda menyelesaikan kursus pertama atau setelah mengikuti berbagai kursus. Insentif akan dikirim secara akumulatif berdasarkan kebijakan Kartu Prakerja.

Cara Cairkan Insentif Prakerja Lewat DANA



Cara pencairan insentif Kartu Prakerja dengan DANA dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Peserta masuk langsung ke laman resmi Kartu Parkerja dan pilih sambung rekening.
  2. Pilih dan ketuk DANA untuk menyambungkan.
  3. Konfirmasi nomor ponsel dan masukan pin DANA yang Anda miliki.
  4. Insentif akan dikirimkan setelah peserta menyelesaikan program pelatihan.

Cara Cairkan Insentif Prakerja Lewat OVO



Untuk mencairkan dana insentif program Kartu Prakerja melalui OVO, pendaftar harus memasukkan nomor ponsel aktif yang telah terdaftar dalam OVO pada saat registrasi. Sementara itu, akun OVO juga harus diperbaharui menjadi akun OVO Premier.

Untuk memperbaharui akun OVO menjadi OVO premier, yang diperlukan hanyalah KTP saja.
  1. Buka aplikasi OVO.
  2. Ketuk banner “Upgrade ke OVO Premier”.
  3. Pengguna akan diminta untuk foto diri dengan memegang KTP.
Apabila akun telah terverifikasi menjadi akun OVO Premier, Anda dapat mengirimkan uang insentif ke dompet digital OVO menggunakan cara sebagai berikut:
  1. Masuk ke aplikasi OVO, pilih menu transfer.
  2. Pilih bank yang dituju.
  3. Ketik nomor rekening dan nominal uang yang akan ditransfer. Akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp2.500 untuk sekali pengiriman uang menuju rekening bank.
Secara umum, program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan masyarakat. Bentuknya berupa bantuan biaya untuk para pencari kerja, pekerja yang kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Kartu Prakerja sendiri merupakan program unik. Awalnya, Kartu Prakerja direncanakan bukan untuk mengatasi pandemi, melainkan dalam visi peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Akan tetapi, seiring hantaman pandemi Covid-19, Kartu Prakerja telah menjadi bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) klaster perlindungan sosial dan menyediakan pilihan kelas pelatihan yang sangat beragam. Di tengah kontroversinya, program Kartu Prakerja tetap dinilai inklusif dan berperan penting bagi kesejahteraan masyarakat.


Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight