Liga 2 2018 Dibuka Laga Persis vs Semen Padang Senin, 23 April

Oleh: Fitra Firdaus - 17 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Liga 2 2018 akan dibuka dengan laga Persis vs Semen Padang pada Senin, 23 April, bukan pada Sabtu, 21 April.
tirto.id - Liga 2 2018 akan dibuka dengan laga Persis vs Semen Padang. Kick-off perdana kompetisi level dua Indonesia ini sempat direncanakan bakal terjadi pada Sabtu, 21 April. Namun, PT Liga indonesia Baru (PT LIB) menetapkan, laga pembukaan terjadi pada Senin, 23 April 2018.

Keputusan memundurkan jadwal partai pembukaan Liga 2 musim ini diambil dalam manager meeting yang dilakukan di hotel Grand Kemang Jakarta pada Senin (16/4).

PT LIB sendiri tidak memiliki alasan khusus untuk meletakkan duel Persis vs Semen Padang sebagai partai pembukaan Liga 2. Tigorshalom Boboy, COO PT LIB hanya mengungkap, kedua tim tersebut memiliki sejarah dalam sepak bola Indonesia.

“Tidak ada pertimbangan teknis secara spesifik soal laga pembuka yang mempertemukan Persis versus Semen Padang. Seperti yang diketahui, Persis punya pendukung yang fanatik dan stadion yang bagus. Sementara Semen Padang punya sejarah yang bagus di sepak bola Indonesia,” ungkap Tigor dikutip laman resmi Liga Indonesia.

Persis memiliki masa lalu yang luar biasa. Tim asal Solo ini pernah juara kompetisi Perserikatan tujuh kali, terakhir pada tahun 1943. Sementara itu Semen Padang, meramaikan kompetisi Indonesia dalam tiga dekade terakhir. Mereka juga pernah lolos ke perempat final Piala AFC 2013.



Format dan Bonus Liga 2 2018
Liga 2 2018 diikuti oleh 24 peserta. Kompetisi ini dibagi menjadi dua, wilayah barat dan timur, dengan tiap-tiap wilayah terdiri dari 12 peserta. Empat tim terbaik dari tiap-tiap wilayah lolos ke babak 8 besar, dan akan dibagi untuk masuk ke dalam dua grup.

Nantinya, akan ada empat tim yang lolos dari babak 8 besar tersebut, dan akan bertarung di babak semifinal, hingga akhirnya final.

Terkait prestasi klub, PT LIB akan menyediakan dana subsidi untuk klub, baik yang hanya berlaga di penyisihan grup, 8 besar, semifinal, atau hingga final. Untuk penyisihan grup, tiap-tiap klub berhak memperoleh dana subsidi Rp1,25 miliar.

“Setelah itu akan ada dana tambahan bagi klub yang masuk babak delapan besar. Klub yang lolos pada babak tersebut, akan mendapatkan tambahan Rp 200 juta.

"Lalu, klub yang mengantongi gelar juara, nantinya akan mendapatkan uang hadiah Rp 1,5 miliar. Peringkat kedua Rp 1 miliar dan peringkat ketiga mengantongi Rp 500 juta,” ungkap Berlinton Siahaan, Direktur Utama PT LIB dikutip situs resmi Liga Indonesia.



Pembagian Grup Liga 2 2018 adalah sebagai berikut.

Grup Barat: Persiraja, Aceh United, Semen Padang FC, PSPS Riau, Persita, Cilegon United FC, Perserang Serang, Persika, PSIR, Persibat, Persis, Persik (Kendal).

Grup Timur: PSIM, PSS, PS Mojokerto Putra, Madura FC, Blitar United, Persegres Gresik United, Persiba (Balikpapan), Kalteng Putra FC, Martapura FC, Persigo Semeru FC, Persiwa, PSBS Biak.

Baca juga artikel terkait LIGA 2 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Fitra Firdaus
Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus