Lenovo Z5 Pro Usung Teknologi Kamera Geser, Harga Mulai Rp4,3 Juta

Oleh: Ibnu Azis - 2 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Harga Lenovo Z5 Pro lebih terjangkau dari smartphone kompetitor yang mengusung teknologi kamera slider serupa.
tirto.id - Lenovo Z5 Pro meluncur di Cina pekan ini yang mengusung teknologi kamera geser. Harga Z5 Pro lebih terjangkau dibandingkan para kompetitor, mulai 1.988 Yuan atau sekitar Rp4,3 juta.

Seperti diketahui bahwa teknologi kamera dengan mekanisme slider telah hadir di beberapa perangkat vendor lain yang dimulai dari Oppo Find X. Namun, harga perangkat ini cukup mahal di atas Rp10 juta.

Berikutnya, teknologi tersebut juga diadopsi oleh pabrikan lain, sebut saja Xiaomi Mi Mix 3 (mulai Rp7,2 juta) atau Honor Magic 2 (mulai Rp8,2 juta). Sekali lagi, harga dua perangkat tersebut juga jauh lebih mahal.

Selain harga, ada hal yang membedakan teknologi kamera geser Lenovo dengan para kompetitornya. Z5 Pro serupa dengan Xiaomi Mi Mix 3 dan Honor Magic 2 yang mengadopsi mekanisme slider manual, sementara Oppo menggunakan motorik di Find X.


Seperti dilansir dari laman GSM Arena, Jumat (2/11/2018), Lenovo selain mengunggulkan dari segi harga juga pada sektor display. Z5 Pro diklaim memiliki screen-to-body-ratio mencapai 95 persen, dalam bingkai layar 6,39 inci FHD+ dengan bezel super tipis tanpa "poni".

Di sektor dapur pacu, Z5 Pro bertenaga chipset dari Qualcomm seri 710 bukan seri 845 seperti smartphone flagship pada umumnya. Selain itu, ada pula nilai minus dari ponsel ini. Kendati dikombinasikan dengan RAM 6GB dan ROM hingga 128GB, Z5 Pro tak memiliki slot microSD.

Di sektor fotografi, Z5 Pro dibekali kamera utama ganda dengan konfigurasi 16MP bukaan f/1.8 dengan sensor Sony IMX576 dan 24MP dengan sensor Sony IMX519. Sementara pada kamera depan yang terletak di bagian slider, tersemat lensa 16MP dan 8MP yang dibekali pula sensor infrared untuk fitur facial recognition.

Satu lagi teknologi terkini yang diusung Z5 Pro yakni in-display fingerprint. Serupa dengan Vivo V11 Pro atau Xiaomi Mi 8 Explore Edition, sensor sidik jari Z5 Pro tersemat di dalam layar. Sementara untuk menemani aktivitas keseharian pengguna, tertanam baterai 3.350 mAh dengan optimasi ZUI 10 berbasis Android Oreo.

Selain itu, Z5 Pro juga mengusung segudang fitur AI seperti optimasi power savings selama standby, camera scene recognition, dan gaming mode. Fitur terakhir menjamin kinerja perangkat lebih optimal saat Z5 Pro saat mengeksekusi game.


Berdasarkan informasi dari laman Lenovo Cina, Z5 Pro ditawarkan dengan harga 1.998 Yuan (sekitar Rp4,3 juta) untuk varian 64GB, sedangkan 2.298 Yuan (sekitar Rp4,9 juta) untuk model 128GB version. Untuk sementara, warna yang tersedia hanya Ceramic Black dan sudah bisa dipesan di Cina mulai 1 November 2018.


Baca juga artikel terkait LENOVO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight