Kunjungi Pasar Oebobo Kupang, Jokowi: Harga Bawang Merah Murah

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 6 Des 2023 09:48 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi menemui masyarakat dan pedagang sekaligus memeriksa harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Oebobo, Kota Kupang.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui masyarakat dan pedagang sekaligus memeriksa harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Oebobo, Kota Kupang. Tiba sekira pukul 07.20 WITA, Jokowi langsung disambut oleh masyarakat Kupang yang telah memadati pasar.

Ia pun langsung menghampiri para pedagang kaki lima dan memberikan sejumlah bantuan juga sembako. Saat melewati pedagang bawang dan cabai, Jokowi sempat menanyakan kondisi harga yang ada di sana.

“Ini (bawang merah) berapa satu kilo?” tanya Presiden di lokasi, Rabu (6/12/2023).

“Rp20 ribu, Pak,” jawab pedagang.

“Murah, bagus, harganya baik,” ucap Presiden.

Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Setpres, Evilia mengatakan, pedagang bawang dan cabai yang dihampiri oleh Presiden mengatakan bahwa harga bahan pokok yang dijual saat ini tergolong murah. Evilia menuturkan harga cabai berada di harga Rp60 ribu per kilogram dan harga bawang merah Rp20 ribu per kilogram.

“Rp20 ribu bawang merah, cabainya Rp60 ribu. Bawang merahnya yang murah,” ucapnya.

Selain itu, Evilia pun mengungkapkan bahwa penjualannya cukup meningkat dalam beberapa waktu terakhir. “Jualannya—penghasilan lumayan dari pada hari-hari sebelumnya,” tuturnya.

Sementara itu, Urgenes, penjual telur menyebut bahwa harga telur yang ada di Pasar Oebobo dinilai cukup stabil. “Per papan Rp60 ribu karena kami ambil dengan Rp55 ribu, dapat Rp5 ribu, stabil lah,” ucap Urgenes.

Sebagai catatan, dalam kunjungan kerja di Pasar Danga, Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (5/12/2023), Jokowi menemukan harga cabai sekitar Rp50 ribu. Angka tersebut lebih murah daripada di Pulau Jawa.

“Saya ke Pasar Danga di Kabupaten Nagekeo ini untuk ngecek itu (harga pangan), tapi saya senang cabai yang di Jawa sekarang harganya Rp80 ribu sampai Rp100 ribu, di sini hanya Rp50 ribu,” tuturnya di hadapan awak media dalam keterangan, Selasa (5/12/2023).

Jokowi juga menyebut harga bawang merah lebih murah di pasar tersebut. Ia menemukan harga bawang merah di kisaran Rp15 ribu per kilogram padahal di daerah Jawa lebih dari Rp20 ribu.

“Bawang merah juga di Jawa Rp24 ribu, Rp26 ribu, di sini Rp15 ribu karena memang produksinya menurut saya baik, bawang merah ada ditanam di sini, cabai rawit juga ditanam di sini, jadi harganya baik,” ungkapnya kala itu.



Baca juga artikel terkait KUNJUNGAN JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight