Tahun Baru Islam 2023

Kumpulan Resolusi Harapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H

Kontributor: Ega Krisnawati, tirto.id - 19 Jul 2023 13:20 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini kumpulan resolusi dan harapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H.
tirto.id - Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah jatuh bertepatan pada hari ini, Rabu, 19 Juli 2023.

Tanggal 1 Muharram sendiri termasuk daftar hari besar yang menjadi penanda masuknya tahun baru dalam kalender kamariah, penanggalan berdasarkan peredaran.

Sementara itu, bulan Muharram merupakan salah satu bulan istimewa dalam Islam yang masuk kelompok asyhurul hurum (bulan haram) di samping Zulkaidah, Zulhijah, dan Rajab.

Selain karena dimuliakan oleh Allah SWT, bulan Muharram juga istimewa karena mengandung beberapa peristiwa sejarah.

Ketika Tahun baru Islam 2023 berlangsung, umat Islam bisa mendoakan resolusi harapannya. Resolusinya beragam, mulai dari kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan.

Kumpulan Resolusi Harapan Tahun Baru Islam 1445 H


Berikut kumpulan resolusi harapan Tahun Baru Islam yang bisa dijadikan sebagai referensi seperti dikutip situs The Muslim Vibe:


1. Diberikan kesabaran

Jika selama ini Anda merasa masih kurang bisa bersabar dalam segala hal, momen tahun baru ini bisa mulai berdoa dan meminta untuk dapat diberikan rasa sabar, karena sesungguhnya bersabar itu akan mendatangkan kebaikan.

Hal ini seperti disebutkan dalam firman Allah di surat Al-Baqarah:

"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS. Al-Baqarah: 153)

2. Semakin sering bersedekah

Semakin sering memberikan amal sedekah, baik memberi dalam bentuk uang kepada mereka yang membutuhkan atau sekadar memberikan senyuman tulus kepada orang asing yang baik hati.

Dengan memberi lebih banyak untuk membantu sesama, maka sesungguhnya kita juga sedang memperkaya kehidupan diri sendiri.

3. Perbanyak doa

Berdoa adalah cara yang bisa dilakukan agar apa yang kita inginkan dapat tercapai atas izin Allah SWT. Allah suka dengan umatnya yang sering meminta kepadanya. Jadi selain berusaha, sebagai umat beriman kita dianjurkan untuk memperbanyak doa.

Allah SWT berfirman:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir: 60)

4. Lebih fokus beribadah

Walau mudah untuk menunda-nunda atau mencari alasan untuk menjalankan shalat wajib, tapi sebenarnya sangat penting bagi kita semua untuk membuat komitmen dalam memperbaiki diri dalam hal shalat.

Memperbaiki salat salah satunya adalah dengan cara lebih fokus atau khusyuk saat sedang beribadah.

5. Mendidik diri sendiri

Pembelajaran, pendidikan, dan menghargai kecerdasan merupakan salah satu aspek yang sangat unik dan menjadi bagian penting dari menjadi seorang Muslim.

6. Tidak mudah marah

Mengikuti sunnah seperti apa yang ditertulis dalam Al-Qur'an agar tidak cepat marah dan sebaiknya belajar untuk mengendalikan emosi yang tidak rasional sehingga bisa berperilaku lebih baik dalam masyarakat dan lebih berdamai dengan diri sendiri.

7. Menjauhkan diri dari bergosip

Menggunjing atau bergosip merupakan salah satu aspek yang paling berbahaya dalam masyarakat. Di samping itu, Islam memperingatkan terkait bahaya menyebarkan pengetahuan yang salah atau menyakiti seseorang hanya karena sebuah cerita.

8. Sering baca Al-Qur'an

Meluangkan waktu dari kesibukan sehari-hari untuk membaca Al-Qur'an merupakan tantangan tersendiri bagi sebagian orang.

Namun, di hari yang suci ini umat Muslim diharapkan untuk lebih sering membaca Al-Qur'an dan mendengarkan kalam Allah dengan lebih sering.

9. Jadi lebih pemaaf

Belajar cara memaafkan bisa menjadi salah satu hal tersulit yang bisa dipelajari. Kendati begitu, jadi lebih pemaaf merupakan salah satu hal berhaga yang bisa ditingkatkan lebih baik lagi.

10. Menerapkan ketauhidan

Mengingat konsep Tauhid dan keesaan Allah merupakan salah satu aspek yang penting dalam Islam.

Meski sulit untuk diterapkan, tapi seiring dengan pertumbuhan dan pembelajaran agama, umat Islam seharunya bisa menyadari kedalaman dan pentingnya konsep tauhid.


Baca juga artikel terkait TAHUN BARU ISLAM 2023 atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Dhita Koesno

DarkLight