Kudeta Turki: Penerbangan dari Bandara Ataturk Dibatalkan

Oleh: Yantina Debora - 16 Juli 2016
Kudeta yang terjadi di Turki menyebabkan seluruh penerbangan dari Bandara Ataturk Istanbul terpaksa harus dibatalkan, demikian kata seorang saksi mata.
tirto.id - Kudeta yang terjadi di Turki menyebabkan seluruh penerbangan dari Bandara Ataturk Istanbul terpaksa harus dibatalkan, demikian kata seorang saksi mata kepada Reuters.

Pada Jumat (15/7/2016), Angkatan Darat Turki mengatakan telah mengambil alih kekuatan di negara tersebut untuk melindungi tujuan demokratis dan menjaga hak asasi manusia.

Penyiar NTV mengatakan pada hari Sabtu (16/7/2016), sebuah jet tempur Turki menambak jatuh satu helikopter militer di atas ibukota Ankara yang sedang digunakan komplotan yang mencoba berkudeta.

Secara terpisah, kantor berita Anadolu yang dikelola negara Turki mengatakan 17 polisi tewas di markas pasukan khusus di Ankara.

Sementara CNN Turki melaporkan bahwa tiga bom telah dijatuhkan di luar gedung parlemen di Ankara.

Unit Intelijen Nasional Turki mengklaim telah mengalahkan para pekudeta. "Unit Intelijen Nasional mengumumkan para pekudeta telah dikalahkan," kata Rinuh Yilmaz, press officer untuk organisasi intelijen nasional.

Dalam laporan terbarunya, CNN juga menayangkan video yang memuat bentrokan antara pasukan militer dengan para pendemo di jalanan.

Gedung Putih merilis sebuah pernyataan atas laporan upaya kudeta, dan mengatakan bahwa Barack Obama serta Menteri Luar Negeri John Kerry "sepakat bahwa semua pihak di Turki harus mendukung Pemerintah yang terpilih secara demokratis Turki, menahan diri, dan menghindari kekerasan apa pun atau pertumpahan darah".

Departemen Luar Negeri akan "terus fokus pada keselamatan dan keamanan warga AS di Turki," tambah pernyataan itu sebagaimana dilaporkan the Guardian.

Baca juga artikel terkait POLITIK atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight