Kontrak Roberto Martinez di Timnas Belgia Resmi Diperpanjang

Oleh: Gilang Ramadhan - 20 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kontrak Roberto Martinez sebagai manajer Timnas Belgia diperpanjang hingga 2022. Martinez juga masih dipercaya menjadi direktur teknik.
tirto.id - Manajer tim nasional (Timnas) Belgia, Roberto Martinez resmi memperpanjang kontrak selama dua tahun sebagai persiapan menjelang Piala Dunia 2022 Qatar.

Kontrak Martinez semula akan habis setelah Euro 2020. Namun, penyelenggaraan Euro 2020 harus ditangguhkan dan diundur menjadi pada tahun 2021 karena pandemi corona (Covid-19).

"Karena penundaan Euro 2020, kami tidak mungkin mengakhiri kolaborasi kami sekarang. RBFA (Federasi Sepak Bola Belgia) memiliki rencana ambisius yang saya tunggu-tunggu dengan penuh antusias, baik dalam jangka pendek maupun panjang," kata Martinez, dilansir laman resmi RBFA.

"Dua setengah tahun ke depan akan menjadi waktu sibuk bagi tim kami, dengan Kejuaraan Euro, Nation League, pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2020 dan Piala Dunia di Qatar. Saya hanya bisa bahagia dan bangga terus bekerja dan mempersiapkan masa depan sepakbola Belgia," ujar dia menambahkan.

Martinez ditunjuk menjadi pelatih Belgia pada 2016 silam dan mengantarkan Red Devils hingga ke babak semifinal Piala Dunia 2018 di Rusia. Langkah Belgia kandas di tangan Prancis yang menjadi kampiun.

Sejak September 2018, Belgia masih memuncaki ranking FIFA. Presiden RBFA, Mehdi Bayat, percaya Martinez dapat menuntun Belgia mendapatkan trofi mayor internasional pertamanya.

"Roberto telah berhasil menyatukan seluruh bangsa, tak peduli di Belgia bagian mana mereka tinggal dan terlepas dari bahasa, kebangsaan, etnis, atau latar belakang," kata Bayat.

"Dia tidak hanya membangun tim ini tetapi juga memberinya identitas dan citra yang jelas. Tahun depan kami ingin bersinar di Kejuaraan Eropa, dan pada 2022 kami ingin melakukan yang lebih baik daripada tahun 2018," Bayat mengimbuhkan.

Sejak eks pelatih Everton itu, performas timnas Belgia memang meroket. Dari 43 laga resmi bersama Martinez, timnas Belgia hanya kalah 3 kali, mendapat 6 hasil seri dan meraih 34 kemenangan.

Selama dua tahun ke depan, Martinez juga masih mengemban jabatan Direktur Teknik. Menurut CEO RBFA, Peter Bossaert, perpanjangan kontrak Martinez membantu pengembangan dan struktur timnas Belgia di masa depan.

"Dengan Roberto Martinez masih sebagai Direktur Teknik, kami akan melanjutkan pengembangan struktur olahraga kami dan mempersiapkan generasi masa depan. Kami ingin tetap tumbuh, dengan timnas dan seluruh sepak bola Belgia," jelas Bossaert.


Baca juga artikel terkait EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Addi M Idhom
DarkLight