Jadwal Piala Dunia Antarklub 2021 Mundur Imbas EURO Ditunda

Oleh: Hendi Abdurahman - 18 Maret 2020
Jadwal Piala Dunia Antarklub 2021 kemungkinan berubah imbas diundurnya EURO.
tirto.id - Piala Dunia Antarklub 2021 diperkirakan mengalami pengunduran terkait Euro dan Copa America yang juga diundur. Sebagaimana dilansir FIFA dalam laman resminya, Presiden Gianni Infantino memiliki tiga pilihan.

Turnamen yang hendak digelar dalam format baru dengan kesertaan 24 klub itu tetap dihelat pada akhir 2021, bergeser ke tahun 2022 atau diselenggarakan pada 2023. Terkait pembahasan tersebut, Infantino berujar akan melakukan komunikasi lebih lanjut pada Rabu (18/3).

“Akan dibangun pula diskusi dengan federasi sepak bola Cina dan pemerintah setempat mengenai penundaan Piala Dunia Antarklub 2021 guna meminimalisir dampak negatif,” ujarnya.

Selain itu, pria asal Italia itu juga akan membicarakan mengenai penjadwalan laga-laga internasional lantaran tertangguhkan karena pandemi Corona atau Covid-19. Lebih lanjut, ia berharap bakal mendapatkan solusi terbaik sebelum April 2020.

Di sisi lain, Gianni Infantino mengusulkan agar badan sepak bola tertinggi memberikan sumbangan senilai 10 juta dolar AS sebagai bentuk solidaritas yang dikumpulkan kepada badan kesehatan dunia, WHO untuk menangani pandemi Covid-19.

UEFA baru saja mengumumkan penundaan Euro 2021 demi memberikan kesempatan kepada liga-liga domestik. Setali tiga uang, CONMEBOL juga telah mengumumkan keputusan untuk mengundurkan Copa America yang sebelumnya akan digelar di Argentina dan Kolombia.

“UEFA mengumumkan penundaan kompetisi UEFA EURO 2020 yang sejatinya akan dimainkan pada Juni dan Juli tahun ini. Kesehatan semua pihak yang terlibat dalam pertandingan adalah sebuah prioritas, serta untuk menghindari keadaan yang tidak perlu pada layanan publik nasional saat digelar,” tulis UEFA.

Sejauh ini, kompetisi liga-liga di Eropa dan dunia mengalami penundaan. Teranyar, 35 persen skuad dan penggawa Valencia, serta 6 anggota tim Espanyol positif Corona. Spanyol menjadi negara keempat dengan jumlah kasus virus Corona terbanyak di dunia setelah Cina, Italia dan Iran.


Baca juga artikel terkait EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight