Komnas HAM Temui Mahfud MD Bahas HAM Berat & Isu Papua

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 17 Nov 2022 19:25 WIB
Atnike sebut Mahfud MD dukung upaya Komnas HAM dorong penyelesaian pelanggaran HAM berat lewat mekanisme yudisial.
tirto.id - Komisioner Komnas HAM RI periode 2022-2027 melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD di kantornya, Kamis (17/11/2022). Pertemuan ini membahas sejumlah isu, terutama terkait peristiwa pelanggaran HAM berat.

Ketua Komnas HAM, Atnike Nova Sigiro mengatakan, Mahfud MD menjanjikan akan memberi fasilitas dalam proses pertemuan antara Komnas HAM dengan Kejaksaan Agung, agar penyelesaian kasus HAM berat dapat diselesaikan.

“Menkopolhukam juga mendukung upaya Komnas HAM RI dalam mendorong penyelesaian peristiwa pelanggaran HAM yang berat melalui mekanisme yudisial,” kata Atnike dalam rilis tertulis.


Dalam pertemuan itu, Mahfud MD dengan Komnas HAM menyepakati akan melakukan telaah atas masukan dari berbagai pihak atas isu HAM di Papua.

“Menkopolhukam Mahfud MD mendukung gagasan maupun inisiatif yang dimiliki Komnas HAM dalam rangka menangani permasalahan HAM di Papua,” kata dia.

Selain itu, kedua belah pihak juga membuat kesepakatan dalam proses pembuatan rekomendasi. Bilamana berkaitan langsung dengan aspek politik dan hukum dapat diberikan langsung ke Menkopolhukam.

“Sementara rekomendasi yang bersinggungan dengan isu-isu ekonomi, sosial dan budaya dapat ditujukan kepada institusi atau lembaga terkait dengan tembusan kepada Menkopolhukam," terangnya.

Sementara terkait Pemilu 2024, Komnas HAM membahas upaya pemenuhan dan perlindungan hak konstitusional terhadap warga negara, penyelesaian konflik agraria, pemenuhan dan perlindungan hak kelompok rentan, pencegahan praktik penyiksaan dan perlakuan sewenang-wenang serta merendahkan martabat manusia.

“Menkopolhukam juga mendorong agar Komnas HAM RI lebih berani dan tegas dalam menjalankan mandatnya,” kata dia.


Baca juga artikel terkait KASUS HAM BERAT atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Abdul Aziz

DarkLight