Ketua DPP PDIP Hamka Haq Meninggal Dunia

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 7 Des 2023 15:20 WIB
Ketua DPP Bappilu PDIP, Bambang Pacul, mengatakan Hamka Haq meninggal di Rumah Sakit Siloam MRCCC, Semanggi pada Kamis (7/12/2023) pukul 10.46 WIB.
tirto.id - Ketua DPP PDIP bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus Ketua Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Hamka Haq, meninggal dunia Kamis (7/12/2023) pukul 10.46 WIB.

Menurut Ketua DPP Bappilu PDIP, Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, Hamka Haq meninggal di Rumah Sakit Siloam MRCCC, Semanggi.

"Telah berpulang ke Rahmatullah, Bapak Kita, Orang Tua kita, sahabat kita, Almarhum Prof. Dr. Hamka Haq," kata Bambang Pacul saat dihubungi Tirto.

Saat ini jasad Hamka Haq disemayamkan di rumah duka di kediaman pribadinya Komplek Tanjung Mas Raya, Jl. Cendrawasih 3, Blok A11 no.4, Kelurahan Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sebagai seorang politisi dan tokoh agama, Hamka Haq aktif di PDIP dan menduduki jabatan di DPP sejak 2005. Selain di PDIP dia juga aktif menjadi salah satu pengurus Forum Antar Umat Beragama Sulawesi Selatan yang didirikan bersama Jusuf Kalla.

Hamka Haq juga aktif mengajar di sejumlah kampus, di antaranya UIN Syarif Hidayatullah, UIN Alauddin Makassar dan sejumlah kampus Islam lainnya.

Selain mengajar, Hamka juga aktif menulis salah satu karyanya adalah adalah Asas Kehidupan Berbangsa dan Bernegara terbitan Bamusi di 2019.






Baca juga artikel terkait DPP PDIP atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Reja Hidayat

DarkLight