Ketahui Cara Meredakan Sakit Kepala Selain Minum Obat Medis

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 4 Jun 2020 11:26 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Salah satu cara untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan mencoba memijat bagian yang sakit secara perlahan.
tirto.id - Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari. Bagi Anda yang mengalami sakit kepala, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya sebelum memutuskan untuk minum obat.

Salah satu cara untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan mencoba memijat bagian yang sakit secara perlahan.

"Pijat ringan di daerah kepala, mau dikasih balsem boleh, hanya jangan terlalu kencang (memijatnya). Istirahat dulu, tutup mata, pijat-pijat sedikit di daerah kepala pakai minyak kayu putih, itu boleh," ujar dokter spesialis saraf di Eka Hospital Cibubur, Yonathan Andrian dalam tanya jawab mengenai "Sering Sakit Kepala? Berbahayakah?", dilansir Antara.

Menurutnya, jika sakit kepala tak tertahankan, Anda bisa meminum obat pereda nyeri yang biasanya dijual di warung atau apotek, karena cukup aman.

Namun, bila sakit kepala terlalu sering dan sangat sakit sebaiknya waspada karena ini bisa menjadi tanda bahaya. Jika Anda mengalami kondisi terenut maka segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi Anda.

"Kalau gejala sakit kepala terlalu sering, seminggu, sebulan tidak sembuh-sembuh, lalu terlalu hebat rasanya mau pingsan, mungkin seperti ini hanya dirasakan pasien, segera ke rumah sakit (atau periksakan ke dokter)," tutur Yonathan.

Di sisi lain, ada tanda-tanda khusus yang biasanya bisa dilihat rekan atau anggota keluarga pasien sakit kepala, semisal sakit kepala disertai kejang-kejang, mata tertutup sebelah atau kelainan lain di wajah. Bisa jadi ada gangguan pada saraf pasien sehingga dia perlu dibawa ke rumah sakit atau dokter terdekat.

"Kami akan tanya gejala, intensitas nyeri. Kami akan periksa fungsi saraf, mungkin pasien tidak sadar sakit kepala lama bibirnya ternyata mencong, sudah ada kerusakan saraf, kami akan lakukan evaluasi," kata Yonathan.


Melansir dari Medical News Today, beberapa solusi lain untuk mengatasi sakit kepala antara lain,

Minum Air Putih

Cara menghilangkan sakit kepala bisa dilakukan dengan minum air. Air minum akan menghentikan dehidrasi, yang bisa menjadi penyebab banyak sakit kepala.

Minum air yang cukup dapat membantu mencegah sakit kepala atau mengurangi keparahannya.

Dehidrasi dapat menjadi penyebab banyak sakit kepala sederhana. Itu juga dapat mengubah cara seseorang merasakan, bertindak, atau berpikir.

Sebuah studi dalam jurnal Antioksidan mencatat, bahkan sedikit dehidrasi dapat mengubah cara orang berpikir dan berfungsi, membuat mereka merasa lebih buruk, dengan atau tanpa sakit kepala.

Kompres Dingin

Kompres dingin bisa menjadi solusi sakit kepala sederhana yang dimiliki banyak orang.

Menerapkan kompres es atau benda dingin lainnya ke kepala atau leher dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di daerah tersebut.

Sebuah studi di Hawai'i Journal of Medicine & Public Health menemukan bahwa menempelkan es ke leher selama 30 menit secara signifikan mengurangi rasa sakit pada orang yang migrain.

Kompres Hangat

Dalam kasus lain, seperti dengan sakit kepala tegang saat otot terlalu ketat, kompres hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot dan membawa kelegaan.

Kompres hangat bisa sesederhana handuk yang dipanaskan. Orang mungkin bisa mendapatkan efek yang sama dari mandi air hangat.

Matikan Lampu

Beberapa orang yang sakit kepala menjadi peka terhadap cahaya. Lampu yang terang atau bahkan cahaya terang dari telepon pintar dapat membuat gejala menjadi lebih buruk.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah coba beristirahat dengan mematikan lampu dan menjauhkan telepon pintar dari tempat tidur.

Minum Teh Herbal

Teh herbal dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala, misalnya, teh jahe.

Satu studi 2013 menemukan bahwa bubuk jahe memiliki efek yang mirip dengan obat umum untuk mengurangi migrain. Teh sederhana dengan air hangat dan bubuk jahe dapat membantu mengatasi gejala.

Teh yang berpotensi menenangkan lainnya termasuk herbal seperti peppermint, chamomile, dan lavender.

Olahraga

Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sirkulasi yang lebih baik, yang dapat mengurangi kemungkinan sakit kepala.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Children mencatat bahwa terlalu sedikit olahraga justru dapat memengaruhi sakit kepala di kalangan remaja.

Olahraga teratur dan sedang bisa membantu, seperti jalan cepat atau naik sepeda selama 30 menit sehari.


Baca juga artikel terkait SAKIT KEPALA atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH

DarkLight