Kementerian PUPR Kalkulasi Kebutuhan Renovasi Piala Dunia U-20

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 16 Februari 2020
Kementerian PUPR sedang menghitung kebutuhan anggaran untuk renovasi stadion jelang Piala Dunia U-20 2021.
tirto.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang melakukan hitung-hitungan terkait kemungkinan stadion mana saja yang memerlukan renovasi jelang Piala Dunia U-20 2021. Hal ini disampaikan langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai peresmian renovasi Stadion Manahan di Solo, Sabtu (15/2/2020).

“Hari ini sudah mulai kami survei, apa saja yang dibutuhkan,” ujar Basuki kepada Tirto.

Sejauh ini Stadion Manahan menjadi stadion terbaru yang telah direnovasi sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-20. Basuki menyebut duit yang dikeluarkan pemerintah untuk membenahi stadion markas Persis Solo itu menyentuh Rp301 miliar.

Terkait perkiraan anggaran total yang diperlukan untuk merenovasi semua stadion, Basuki belum berani membeberkan.

“Belum, belum sampai situ. Ini baru dihitung,” terusnya.

Selain enam stadion tuan rumah, Basuki menambahkan Stadion Jakabaring Palembang juga masuk dalam pertimbangan renovasi Kementerian PUPR. Hal ini sesuai dari rekomendasi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

“Kami terutama fokusnya untuk stadion calon ruan rumah, yang enam itu ya, plus satu Jakabaring Palembang. Ini sesuai yang dikatakan pak Ketua Umum PSSI,” kata Basuki.


Adapun kemunculan satu nama stadion baru dalam pertimbangan, yakni Jakabring, juga dilakukan demi pemerataan.

“Pertimbangannya yang enam itu kan di Jawa Bali dan sekitarnya, Sumatera juga harus ada,” tandasnya.

Basuki sendiri hadir dalam peresmian renovasi Stadion Manahan mendampingi Presiden Joko Widodo. Dalam peresmian ini hadir pula Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, juga Wali kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Acara peresmian turut dimeriahkan dengan seremoni pelepasan bola, penandatanganan prasasti oleh presiden, laga persahabatan sepakbola Pemkot Solo vs Pemda Jateng, serta partai uji coba Persis Solo vs Persib Bandung.

Presiden Jokowi, pada kesempatannya turut mengutarakan harapan agar Stadion Manahan terpilih jadi tuan rumah. Jokowi merasa bentukan Manahan yang sekarang layak untuk menghelat acara internasional.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA U-20 2021 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Zakki Amali
DarkLight