Kemenkes: Kanker Hati Termasuk Penyebab Kematian Tinggi Penduduk RI

Oleh: Riyan Setiawan - 22 Juli 2019
Kemenkes menyebutkan, penyakit hepatitis merupakan penyakit yang menyebabkan kematian tinggi bagi penduduk Indonesia.
tirto.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan, penyakit hepatitis termasuk penyakit yang menyebabkan angka kematian yang tinggi bagi penduduk Indonesia.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Wiendra Waworuntu mengatakan, apalagi virus yang telah menyerang bagian hati.

"Secara umum paling banyak adalah virus. Kanker hati termasuk penyebab kematian yang tinggi," kata Wiendra saat acara diskusi bertajuk Eliminasi Hepatitis, Selamatkan Generasi Muda di Kemenkes, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Dia menerangkan, beberapa penyebab virus menyerang organ hati sehingga mengakibatkan hepatitis seperti karena lemak di hati, terdapat parasit, amoeba, herpes, peminum alkohol, dan beberapa jenis obat-obatan terlarang.

Kemudian, gejala orang yang mengidap penyakit hepatitis seperti mata kuning, perut buncit terlalu besar, demam, dan beberapa gejala lainnya.

Wiendra mengatakan, dampak yang akan terjadi jika hepatitis tidak terdeteksi sejak dini seperti Chronic hepatitis, Cirrhosis, dan Hepatocelluler carcinoma.

"Akibat hal itu, satu dan empat pengidap akan meninggal karena kanker dan gagal hati," ucapnya.

Selain itu, Wiendra menuturkan terdapat beberapa cara penyakit hati tersebut menular. Seperti penggunaan jarum untuk tato yang tidak aman, hubungan seksual dengan pasangan yang mengidap penyakit hepatitis sehingga berpotensi menular.

"Bisa melalui darah. Kalau luka dan berdarah, bisa menularkan. 90 sampai 95 persen ibu hamil yang hepatitis bisa menularkan hepatitis ke janin yang dikandungnya," tuturnya.


Baca juga artikel terkait KANKER HATI atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight