Kelingking Fun, Program Diskon Belanja & Wisata saat Pemilu 2024

Reporter: Faesal Mubarok, tirto.id - 13 Feb 2024 05:30 WIB
Sandiaga menjanjikan banyak diskon dan promo Pemilu 2024 di setiap tempat belanja dan wisata saat hari pencoblosan, Rabu 14 Februari 2024.
tirto.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, meluncurkan program Kelingking Fun yang berkolaborasi dengan pelaku usaha saat momentum hari pencoblosan Pemilu 2024, pada Rabu, 14 Februari 2024.

Sandiaga menjanjikan banyak diskon dan promo di setiap tempat belanja dan wisata saat Pemilu 2024.

Peluncuran Kelingking Fun, kata Sandiaga diharapkan bisa menambah motivasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, sekaligus menumbuhkan ekonomi saat Pemilu.

“Mereka bisa datang ke tempat wisata, tempat belanja untuk mendapatkan diskon dan promo dengan menunjukkan jari kelingking yang telah terendam tinta ungu,” ucap Sandi dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Senin (12/2/2024).

Menurut Sandi, banyak tempat wisata yang dimanfaatkan sebagai Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal ini mendorong masyarakat bisa fleksibel menggunakan hak pilih di dalam pesta demokrasi.

“Ada beberapa rekan saya yang sudah mengurus dan bisa menggunakan hak pilihnya di TPS di tempat wisata, seperti di Bali, Yogyakarta, dan tempat lainnya,” kata dia.

Kegiatan ekonomi kreatif, lanjut Sandi, akan terus diupayakan dengan berbagai upaya seperti memanfaatkan momentum hari besar, salah satunya hari pencoblosan Pemilu 2024.

“Tingkat paritisipasi kita harapkan bisa optimal, tapi tentunya pariwisata dan kegiatan ekonomi kreatif harus kita upayakan maksimal,” ucapnya.

Sementara itu, Sandi melihat adanya peningkatan subsektor ekonomi kreatif saat masa kampanye. Subsektor tersebut menyangkut permintaan kertas, desain, dan berkaitan dengan pergerakan masyarakat saat kampanye.

“Ada peningkatan di beberapa kategori kita akan tampilkan kesempatan berikutnya karena dengan ini kita bisa memantau dampak terhadap pelaku ekraf,” ujarnya.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Faesal Mubarok
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Bayu Septianto

DarkLight