Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED dan Halogen pada Motor

Oleh: Nurul Azizah - 6 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Mengetahui kelemahan dan kekurangan penggunaan lampu LED dan halogen.
tirto.id - Saat ini sudah banyak kendaraan bermotor menggunakan headlamp atau lampu depan LED.

Lampu LED lebih banyak digunakan karena dinilai lebih unggul dari lampu halogen. Salah satu keunggulannya adalah karena lebih hemat energi.

Dilansir dari laman resmi Suzuki, LED merupakan singkatan dari Light Emmiting Diodes. Cahaya dari lampu jenis ini berasal dari teknologi dioda serta memanfaatkan perangkat elektronik chip semikonduktor dengan hambatan sehingga menghasilkan cahaya sangat terang dan tahan lama.

Tentang lampu halogen, Suzuki menyebutkan lampu jenis ini merupakan lampu pijar biasa yang sering digunakan untuk kendaraan bermotor era 90-an.

Sistem lampu ini menggunakan filamen tungsten yang dibungkus oleh semacam kaca dan diberi gas nitrogen, argon atau crypton.

Kelebihan lampu LED pada Motor

1. Tidak menghasilkan panas

Kelebihan utama lampu LED adalah tidak menghasilkan panas sehingga lampu menjadi awet dan hemat energi.

Teknologi pada jenis lampu ini sebenarnya tidak hanya pada kendaraan bermotor, tetapi juga sebagai lampu ruangan, maupun panel kontrol.

Keuntungan lain dari kelebihan ini adalah lampu menjadi tidak mudah mati atau pun putus.

2. Lebih terang

Lampu LED lebih terang dibandingkan lampu halogen dikarenakan menghasilkan cahaya berwarna putih.

Selain itu, cahayanya yang berwarna putih dan tidak mengandung proses pembakaran membuat lampu ini tidak menghasilkan suhu panas berlebih.

3. Bervariasi

Jenis lampu LED mampu divariasikan sesuai berbagai tujuan. Variasi ini dapat dikembangkan dari bentuk maupun sorot lampunya.

4. Hemat Energi

Lampu LED digadang-gadang mampu menghemat energi yaitu enam kali hingga tujuh kali lebih efisien daripada lampu halogen. Bahkan lampu ini mampu memangkas konsumsi daya hingga 80 persen.

5. Lebih Fokus

Laman Lightstick menyebutkan, lampu LED dianggap paling ideal untuk lampu depan karena cahaya yang dihasilkan tidak menyebar, tetapi terarah.

Kelemahan Lampu LED

1. Harga lebih mahal

Lampu LED menggunakan teknologi yang lebih canggih. Dioda dan chip elektronik yang digunakan dalam lampu LED tidaklah murah sehingga berdampak pada harga lampu LED.

2. Belum banyak dijual di pasaran

Lampu LED belum banyak dijual di pasaran. Jenis lampu ini belum familiar di pasaran karena produksinya lebih rumit dan memiliki banyak variasi.

3. Jika rusak harus diganti satu set

Ketika lampu LED pada motor rusak, maka satu-satunya solusi adalah menggantinya. Satu set lampu LED harus diganti beserta batok lampunya.

Kita juga harus mempertimbangkan tingkat cahaya lampu LED ketika akan menggantinya.

Terkadang cahaya putih dari lampu LED justru membuat pengendara sulit melihat dengan terang terutama saat hujan.

4. Silau bagi pengguna jalan lain

Sinar putih dari lampu LED mampu menyilaukan pengendara jalan lainnya sehingga mengganggu ketertiban jalan.

5. Tidak mampu menembus kabut

Warna putih dari sinar lampu LED tidak mampu menembus kabut layaknya lampu halogen.

6. Pemasangan lebih rumit

Bohlam lampu LED memerlukan driver atau adaptor DC. Untuk itu, pemasangan lampu LED jauh lebih rumit dibandingkan lampu halogen.

Kelebihan lampu halogen pada motor

1. Intensitas cahaya cukup kuat

Cahaya yang dihasilkan dari lampu halogen cukup kuat. Jenis lampu ini menjadi pilihan utama untuk penerangan mobil adventure.

Sorot yang lebih kuat ini didukung oleh gas-gas dalam lampu halogen. Meskipun kuat, tetapi cahaya lampu jenis ini tidak menyilaukan.

2. Harga terjangkau

Tidak seperti lampu LED, harga lampu halogen lebih murah dan banyak tersedia di pasaran.

3. Penggantian lebih mudah

Jika bohlam lampu halogen putus, maka tidak perlu mengganti semaunya, cukup bohlamnya. Perlu diingat pula bahwa penggantian lampu halogen yang rusak harus sesuai standar.

4. Mampu menembus kabut

Berbeda dengan lampu LED yang tidak mampu menembus kabut. Lampu halogen mampu menembus kabut karena sorotnya yang panjang dan kuat. Lampu jenis ini sangat cocok digunakan untuk kendaraan adventure.

Kelemahan lampu halogen

1. Daya panasnya tinggi

Lampu halogen ternyata menghasilkan energi panas yang cukup tinggi. Kebanyakan pengguna lampu halogen akan menjumpai kondisi lampu menjadi cepat buram dan tidak bening. Selain itu, ada pula kasus filamen pada lampu halogen sering putus.

2. Boros

Selain daya panas tinggi, lampu halogen dikenal boros. Setuap kali digunakan, lampu ini menghasilkan daya sebesar minimal 55 watt.

Lampu halogen ini sangat menguras aki mobil atau motor sehingga mengakibatkannya cepat drop.

Itu dia kelebihan dan kekurangan dari lampu LED dan lampu halogen pada motor. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pemilihan jenis lampu lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan pengguna kendaraan.


Baca juga artikel terkait KELEMAHAN LAMPU LED atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight