tirto.id - Meski memulai karier sejak 2013, Cha Eun-woo adalah salah satu selebritas Korea yang naik daun sejak dua tahun belakangan. Personel kelompok vokal pria Astro ini baru saja mendapat penghargaan "Most Searched Rookie Actor" di ajang Yahoo Buzz Asian Awards yang diselenggarakan di Hong Kong. Pada pengujung tahun ini pula, majalah pria GQ edisi Korea menobatkannya sebagai salah satu Men of The Year.
Pria berusia 21 tahun ini populer sejak bergabung dengan Astro dan membintangi serial televisi My ID is Gangnam Beauty. Serial tersebut membuat Eun Woo kerap tampil di media massa, menjadi bintang iklan, dan membuatnya dikenal sebagai seorang aktor. “Keluarga dan teman-teman saya bilang kalau mereka melihat wajah saya di mana-mana. Di televisi, di pusat perbelanjaan, bahkan di dalam lift,” katanya.
Dua bulan lalu, ia sempat datang ke Indonesia untuk menghadiri acara malam penganugerahan Indonesian Television Awards. Saat itu ia turut menerima piala penghargaan lantaran kiprahnya di dunia hiburan. Sosoknya dipuja oleh selebritas dalam negeri yang sempat berbagi panggung dengannya. Namanya senantiasa disorakkan para penonton yang menyaksikan acara secara langsung.
Nama dan kiprah Eun-woo memang belum sebesar G Dragon atau Taehyung. Namun diakui atau tidak, salah satu hal yang membuatnya lekas tenar ialah wajah yang rupawan.
Ketika tampil di dalam Astro, sosok Eun-woo hampir selalu ditempatkan pada posisi sentral. Ia jadi target sorotan kamera. Pria ini punya senyum manis yang terukir dari bibir tipis berwarna merah muda. Kulit wajahnya halus dan nampak tak berpori. Lesung pipi yang muncul dengan samar membuat wajahnya kian menarik. Bentuk wajahnya tirus dan oval, hidung mancung, dan mata yang tidak terlalu sipit.
Rasanya Eun Woo turut mempraktikkan serangkaian langkah perawatan wajah yang biasa dilakukan oleh pria Korea. Setidaknya ada 10 langkah yang biasa dilakukan untuk membuat kulit wajah tetap prima. Produk-produk yang digunakan di antaranya pembersih minyak pada wajah, sabun muka, kapas pengangkat sel kulit mati, penyegar, essence, serum, masker, krim mata, pelembap, dan tabir surya.
Salah satu produk yang paling banyak digunakan ialah masker. Jin, personel BTS, berkata kepada Allure bahwa ia selalu mengenakan masker setelah wajahnya terkena paparan sinar matahari. “Sheet mask melembapkan dan mencerahkan wajah saya,” katanya. Hal serupa juga diungkap oleh selebritas Eric Nam. Refinery 29 menulis bahwa Nam mengenakan masker dua kali dalam seminggu. “Saya mengaplikasikan molding masks yang terbuat dari campuran bubuk atau gel yang diusap pada wajah,” tuturnya.
Tren perawatan wajah ala selebritas pria Korea ini akhirnya banyak ditiru publik, terutama di dalam negeri mereka. The Washington Post pernah menulis bahwa pada 2015, para pria asal Korea Selatan adalah pria yang paling gemar berbelanja kosmetik. Nilai industri perawatan wajah pria di Korea Selatan mencapai 1,5 miliar dolar. Setiap tahun, peningkatan jumlah belanja kosmetik di negara tersebut ada pada persentase 9 persen.
“Di Korea Selatan, tampil muda dan aktif dianggap sebagai hal yang sangat menarik,” kata Eric Min, Editor in Chief Luel, majalah gaya hidup pria.
Kang, salah satu narasumber The Washington Post, mengatakan bahwa karakter masyarakat Korea sangatlah kompetitif. "Selain itu, anak muda merawat wajah untuk meningkatkan jenjang karier selagi mencari pacar. Tampak terawat jelas nilai tambah," ujarnya.
Pengaplikasian produk perawatan wajah dan kosmetik juga dilakukan oleh mereka yang melalui masa wajib militer. Sydney Morning Heraldmenyatakan bahwa pelembap, sabun muka, dan masker wajah adalah tiga produk yang biasa digunakan para tentara Korea Selatan untuk merawat wajah.
Sebagian mereka menggunakan BB cream, krim wajah yang mengandung pelembap, foundation, dan tabir surya; untuk melindungi kulit dari polusi udara. Ada pula yang mempercayakan perawatan dengan menggunakan penyegar dan krim wajah yang mengandung lendir siput. Besarnya minat para anggota wajib militer terhadap produk kecantikan sempat membuat perusahaan kosmetik Amore Pacific melansir masker dan kosmetik yang diciptakan sesuai kebutuhan tentara di medan perang.
Kini fenomena penggunaan produk kecantikan tersebut telah berkembang ke tren bedah plastik. Business Insider pernah mewartakan bahwa jenis bedah yang diminati pria Korea adalah pembentukan kelopak mata, operasi hidung, dan suntikan guna mencerahkan kulit. Perawatan non bedah seperti botox dan face countouring jadi jenis perawatan yang diminati. Lee Hyun Taek, dokter yang terbiasa menangani pasien perawatan wajah non bedah berkata bahwa permintaan terhadap dua jenis perawatan tersebut meningkat sebanyak 5-10 kali lipat sejak 2002. Belakangan, jenis perawatan wajah tersebut diikuti dengan bedah untuk membentuk perut six pack. Hal tersebut dilakukan para pria dalam rangka memenuhi persepsi tampan ideal ala mereka: wajah bersinar dan perut atletis.
Editor: Nuran Wibisono