Kapan Waktu Terbaik Menimbang Berat Badan?

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 5 Mei 2020 11:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara terbaik untuk menimbang berat badan adalah ketika Anda menimbang dengan menggunakan pakaian yang sama.
tirto.id - Menimbang berat badan setiap hari ternyata memiliki manfaat positif. Salah satu manfaat menimbang adalah membantu Anda menurunkan berat badan.

Penelitian terbaru umumnya sepakat bahwa menimbang berat badan setiap hari dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih besar dan lebih sedikit berat yang naik kembali.

Satu studi menunjukkan bahwa peserta yang menimbang berat badan setiap hari selama enam bulan kehilangan rata-rata 13 pound (6 kg), dibandingkan dengan mereka yang lebih jarang menimbang diri mereka sendiri.

Terlebih lagi, mereka yang menimbang berat badan setiap hari cenderung untuk mengadopsi perilaku pengendalian berat badan yang lebih baik.

Studi lain pada peserta berusia 18-25 menunjukkan bahwa penimbangan berat badan setiap hari menghasilkan penurunan berat badan yang lebih baik daripada mereka yang jarang menimbang berat badannya.

Para peneliti menyimpulkan bahwa menimbang berat badan adalah alat pengaturan diri yang sangat berharga dan efektif untuk kelompok usia ini.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang menimbang diri mereka sendiri setiap hari makan 347 kalori lebih sedikit per hari daripada mereka yang jarang menimbang.

Lantas kapan waktu terbaik untuk menimbang berat badan?


Melansir laman Healthline waktu terbaik untuk menimbang diri Anda adalah tepat setelah Anda bangun tidur, setelah pergi ke kamar mandi dan sebelum Anda makan atau minum.

“[Menimbang diri Anda di pagi hari adalah yang paling efektif] karena Anda punya waktu yang cukup untuk mencerna dan mengolah makanan (puasa semalam saat Anda tidur). Itu tidak akan terpengaruh oleh apa yang Anda makan atau belum diproses,” kata Lauren O'Connor, ahli diet terdaftar dan pemilik Nutri Savvy Health.

Berat badan Anda cenderung berfluktuasi lebih rendah di pagi hari daripada di siang atau malam hari ketika Anda telah banyak mengonsumsi makanan dan minuman.

Selain itu cara terbaik untuk menimbang berat badan adalah ketika Anda menimbang dengan menggunakan pakaian yang sama.

Namun, Anda harus ingat bahwa berat badan Anda mungkin berfluktuasi dari hari ke hari dan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk:

1. Apa yang Anda makan atau minum pada hari sebelumnya

2. Retensi kembung atau air

3. Siklus menstruasi

4. Apakah Anda teratur atau justru jarang buang air besar baru-baru ini

Sehingga penting untuk menilai tren berat badan Anda dalam periode waktu yang lebih lama, daripada menarik kesimpulan sesaat ketika Anda menimbang berat badan.


Baca juga artikel terkait WAKTU TERBAIK MENIMBANG BERAT BADAN atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH

DarkLight