Kapan Hari Nyamuk Sedunia, Sejarah, Cara Rayakan World Mosquito Day

Penulis: Yulaika Ramadhani, tirto.id - 11 Agu 2022 10:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Kapan peringatan Hari Nyamuk Sedunia atau World Mosquito Day dirayakan? Ini sejarah dan cara merayakan.
tirto.id - Kapan peringatan Hari Nyamuk Sedunia atau World Mosquito Day dirayakan?

Nyamuk adalah serangga kecil penghisap darah yang bisa menularkan penyakit serius seperti malaria. Tanpa vaksin yang tersedia saat ini, malaria tetap menjadi ancaman mematikan bagi orang-orang di seluruh dunia.

Pada 2010, 90 persen kematian akibat malaria terjadi di Afrika. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan kekhawatiran tentang malaria yang resistan terhadap obat, yang dapat menghambat upaya untuk mengurangi penyebaran penyakit.


Tanggal 20 Agustus 2022 diperingati sebagai Hari Nyamuk Sedunia (World Mosquito Day). Hari Nyamuk ini merupakan peringatan global atas penemuan Sir Ronald Ross pada tahun 1897 bahwa nyamuk Anopheles betina menularkan malaria antar manusia.


Sejarah Hari Nyamuk Sedunia


Hari Nyamuk Sedunia menghormati tanggal ketika Sir Ronald Ross, seorang ahli bedah tentara Inggris yang bekerja di India, membuktikan bahwa nyamuk menularkan malaria dengan mengidentifikasi parasit malaria berpigmen pada nyamuk yang menghisap pasien terinfeksi.
Penemuan ini merevolusi pengetahuan tentang malaria dan mengarah pada tindakan pencegahan baru. Ross memenangkan Hadiah Nobel untuk Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1902.

Ross mendeklarasikan Hari Nyamuk Dunia pertama saat itu juga, menyatakan bahwa dunia harus disadarkan akan hubungan antara nyamuk dan malaria.

Meskipun pemahaman yang lebih baik tentang penyakit ini telah mengarah pada tindakan pencegahan dan perawatan medis yang lebih inovatif, vaksin malaria tetap belum ditemukan.

"Hari Nyamuk Sedunia memberi kita kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya nyamuk pembawa malaria, dan untuk menyoroti upaya berkelanjutan dalam memerangi makhluk paling mematikan di dunia," tulis laman endmalaria.org.

Upaya global melawan nyamuk telah menyelamatkan lebih dari 7,6 juta jiwa dan mencegah lebih dari 1,5 miliar kasus malaria sejak tahun 2000. Untuk mengakhiri malaria di separuh dunia, diperlukan inovasi untuk menjangkau masyarakat paling rentan dengan intervensi yang tepat pada waktu yang tepat.


Cara merayakan Hari Nyamuk Sedunia

Menggalang dana untuk organisasi anti-malaria
Bergabunglah dengan organisasi nirlaba lokal atau mulai acara Anda sendiri untuk mengumpulkan uang untuk upaya kampanye anti-malaria. Sumbangkan uangnya ke organisasi yang mendukung masyarakat dengan pengobatan malaria atau demam berdarah (DBD).

Pelajari tentang malaria dan DBD
Pelajari tentang bagaimana malaria menyebar, dan bagaimana melindungi diri Anda sendiri jika Anda tinggal di atau bepergian ke daerah berisiko. Pelajari juga bagaimana cara terbaik mencegah demam berdarah.

Tingkatkan kesadaran di antara teman-teman
Malaria dapat menyerang siapa saja di berbagai belahan dunia, jadi penting bagi orang-orang untuk memiliki informasi yang akurat tentang penyakit ini. Menemukan beberapa informasi yang berguna dari organisasi terkemuka untuk dibagikan di media sosial adalah pilihan yang bagus.



Fakta Menarik Tentang Nyamuk


1. Nyamuk adalah hewan paling mematikan. Nyamuk menyebabkan lebih banyak kematian daripada hewan lain di bumi!

2. Hanya nyamuk betina yang menggigit—dan hanya saat berkembang biak. Ketika mereka mencoba untuk bereproduksi, nyamuk betina perlu menghisap darah untuk mendapatkan protein. Nyamuk jantan dan betina yang tidak berusaha menghasilkan telur hidup dari nektar bunga.

3. Nyamuk jantan dan betina menyelaraskan kepakan sayapnya dengan pasangannya.

4. Nyamuk tidak tertarik pada cahaya. Tidak seperti kebanyakan serangga, nyamuk tidak tertarik pada cahaya, tetapi pada karbon dioksida. Ini memberi mereka indikasi bahwa mamalia dengan darah lezat ada di dekatnya.

5. Jarum suntik terinspirasi oleh nyamuk. Belalai tajam yang digunakan nyamuk untuk mengambil darah telah mengilhami desain jarum suntik yang lebih baik dan tidak terlalu menyakitkan yang digunakan dalam pengobatan.



Tujuan Adanya World Mosquito Day

Berikut beberapa alasan penting peringatan Hari Nyamuk Sedunia, sebagaimana dikutip National Today.

Mempromosikan kesadaran tentang malaria
Malaria adalah penyakit yang umum dan dapat muncul hampir di mana saja. Penting untuk mengetahui cara penularannya, kapan Anda berisiko, dan bagaimana melindungi diri Anda sendiri.

Menggalang dana untuk penelitian dan pengobatan malaria
Tanpa vaksin, malaria masih merusak populasi di seluruh dunia. Organisasi penelitian bekerja terus-menerus untuk menemukan vaksin dan pengobatan yang lebih baik.

Mengingatkan kita untuk menghargai para ilmuwan
Terobosan ilmu kedokteran telah menghasilkan perawatan yang lebih baik untuk pasien, tindakan pencegahan yang lebih baik, dan pemahaman yang lebih kuat tentang penyakit dan vektornya.

Baca juga artikel terkait HARI NYAMUK SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight