Kades Beri Sinyal Dukung Prabowo, Bawaslu: Potensi Pelanggaran

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama, tirto.id - 20 Nov 2023 17:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja bilang ada potensi pelanggaran pemilu dalam acara Silaturahmi Nasional Desa 2023 di Arena Indonesia, Minggu (19/11/2023).
tirto.id - Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengingatkan pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka perihal potensi pelanggaran pemilu.

Hal itu disampaikan Bagja merespons Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia yang tergabung dalam Desa Bersatu memberikan sinyal dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dukungan tersebut disampaikan secara tidak langsung dalam kegiatan Silaturahmi Nasional Desa 2023 di Arena Indonesia, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/11/2023).


Dalam acara itu, cawapres nomor 2, Gibran Rakabuming Raka turut hadir secara langsung dalam acara deklarasi tersebut.

"Ada potensi [pelanggaran]. Pertama, tidak boleh menggunakan aparat desa dan kepala desa sebagai tim kampanye. Tidak boleh melibatkan kampanye untuk aparat desa dan kepala desa," ucap Bagja.

Bagja mengatakan laporan sementara memang pihaknya belum menemukan ajakan untuk memilih dari pasangan Prabowo-Gibran kepada seluruh ribuan perangkat desa dan kepala desa itu.

"Pertama, di sana ada ajakan enggak? Laporan dari pengawas yang ada, tidak ada ajakan memilih. Baru ya, tetapi kami lihat nanti pas video yang ada, kami lihat nanti dan kami teliti laporan dari pengawas yang ada di lapangan saat itu," ucap Bagja.

Bagja mengingatkan pasangan Prabowo-Gibran dengan Pasal 280 terkait larangan Kampanye dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Itu jelas dalam UU. Ingat, larangan kampanye Pasal 280. Kampanye, ya. Sekarang sudah kampanye atau tidak? Belum, kan. Jadi, harus hati-hati," tutur Bagja.

Sebelumnya, Koordinator Desa Bersatu, Muhammad Asri Anas, menampik acara silaturahmi desa bersatu yang diselenggarakan siang ini merupakan deklarasi dukungan secara terbuka kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.


Anas menerangkan, acara ini selalu terselenggara setiap tahunnya. Meskipun menghadirkan Gibran di acara ini, namun undangan kepada calon wakil presiden (cawapres) nomor 02 tersebut karena memandang sebagai sosok muda inspiratif.

“Silatnas adalah momentum tahunan. 2022 waktu isu 3 periode juga sama. Yang kami butuhkan siapa yang mendengar Desa Bersatu,” kata Anas di kawasan GBK, Jakarta, Minggu (19/11/2023).

Anas mengakui hanya Prabowo-Gibran yang mengakomodir kebutuhan desa. Kendati demikian, semua capres dan cawapres sudah terjalin komunikasi yang ternyata tidak semua mengakomodir kebutuhan tersebut.



Baca juga artikel terkait BAWASLU RI atau tulisan menarik lainnya Fransiskus Adryanto Pratama
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama
Penulis: Fransiskus Adryanto Pratama
Editor: Reja Hidayat

DarkLight