Jumlah Penonton Gundala Capai 1,3 Juta, Salip Bumi Manusia & Makmum

Oleh: Adilan Bill Azmy - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gundala naik ke tangga keenam film terlaris tahun ini dengan 1,38 juta penonton.
tirto.id - Jumlah penonton film Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot merangkak naik. Semenjak dirilis 29 Agustus lalu, film yang dibintangi Abimana Aryasatya itu berhasil mendapat satu juta penonton lebih. Dilansir filmindonesia.or.id, hingga Rabu (11/9/2019), Gundala naik ke tangga keenam film terlaris tahun ini dengan 1,38 juta penonton.

Film superhero buatan Joko Anwar ini menyalip film garapan Hanung Bramantyo, Bumi Manusia yang bertengger setingkat di bawahnya. Dibintangi Iqbaal "Dilan" Ramadhan, Bumi Manusia meraup 1,29 juta penonton. Sedangkan, film Dilan 1991 masih menjadi film dengan jumlah penonton terbanyak tahun 2019 dengan 5,2 juta penonton.

Gundala juga menyalip Makmum yang dirilis bersamaan dengan Bumi Manusia. Film Makmum diangkat dari film pendek berjudul sama karya Riza Pahlevi. Film horor Makmum tayang di bioskop Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Tak hanya sukses di dalam negeri, Gundala juga berhasil unjuk gigi di ajang internasional. Terbaru, film Gundala diundang untuk tayang di Toronto International Film Festival (TIFF), 5-15 September ini.

Kehadiran film Gundala menuai respons positif dari berbagai kalangan. Garin Nugroho, sutradara film Kucumbu Tubuh Indahku memberi selamat. Pada unggahannya di Instagram (28/8/2019), Garin menulis:

"Gundala: telah lahir superhero Indonesia, salah satu genre penting dlm sejarah cinema, selamaaat Joko dan team @asmaraabigail @jokoanwar @tarabasro @gundala #demifilmindonesia #ifdc #film_indonesia #kumparan".

Tidak banyak film superhero lokal yang diangkat ke layar lebar. Terakhir adalah film Wiro Sableng (2018) yang dibintangi Vino G. Bastian. Pada akhir periode 2018, film Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 ini meraih 1,5 juta penonton.

Film Gundala hampir menyaingi karya Joko Anwar sebelumnya, Pengabdi Setan, yang sukses meraup lebih dari 2 juta penonton dalam seminggu setelah rilis. Kini, Pengabdi Setan menjadi film terlaris di Indonesia tahun 2017 dengan meraih 4,2 juta penonton.

Gundala bercerita tentang seorang pemuda, Sancaka (Abimana Aryasatya) yang mendapat kekuatan super setelah tersambar petir sewaktu kecil. Ia tak menyadari kekuatan super yang ia dapat. Baru setelah dewasa, ia tersambar petir untuk kedua kalinya, dan menemukan dirinya mampu mengeluarkan sengatan petir dari kedua tangannya. Lantas, dengan kekuatan super dan keahliannya membela diri, Sancaka mencoba mengalahkan musuh-musuh yang menghadangnya.

Setelah sukses dengan Gundala, Joko Anwar akan segera merilis film horor terbarunya, Perempuan Tanah Jahanam pada Oktober nanti. Teaser resminya sudah tayang pada situs berbagi video YouTube lewat kanal BASE Indonesia. Sedangkan trailer-nya sendiri akan secara resmi diluncurkan pada 16 September nanti.


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Adilan Bill Azmy
(tirto.id - Film)

Kontributor: Adilan Bill Azmy
Penulis: Adilan Bill Azmy
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight