Jokowi Sudah Serahkan Nama Calon Dewan Pengawas SWF ke DPR

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 16 Januari 2021
Nama-nama calon anggota dewan pengawas SWF dari kalangan profesional telah rampung, tinggal nunggu persetujuan DPR.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mengatakan pembahasan nama-nama calon anggota dewan pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) dari kalangan profesional telah rampung. Nama-nama itu tinggal menunggu persetujuan DPR RI sebelum benar-benar bisa disahkan untuk mengisi kursi dewan pengawas SWF.

“Nama-nama dewan pengawas sudah kami sampaikan ke DPR. Diharapkan selesai minggu depan,” ucap Jokowi dalam pertemuan tahunan industri jasa keuangan 2021 secara virtual, Jumat (15/1/2021).

Pembahasan nama calon dewan pengawas SWF sudah dimulai pemerintah sejak 17 Desember 2020 lalu. Waktu itu pemerintah resmi membuka pendaftaran calon dewan pengawas SWF unsur profesional sebanyak tiga orang.

Dewan Pengawas SWF sebenarnya diisi oleh 5 orang. Tiga diisi oleh kalangan profesional dan dua sisanya diisi oleh Menteri Keuangan dan Menteri BUMN aktif.

Meski nama-nama itu telah diserahkan ke DPR belum diketahui siapa saja yang telah lolos penilaian panitia seleksi yang telah ditunjuk Jokowi. Jokowi tak menyebutkan siapa saja nama yang telah ia kantongi.

Menurut PP No. 74/2020, dewan pengawas memiliki tugas pengawasan terhadap penyelenggaraan LPI dan dewan direktur. Dewan pengawas memiliki peran membentuk komite-komite seperti etik, audit, remunerasi, SDM dan sebagainya. Mereka nantinya memiliki kewenangan menetapkan dan mengangkat dewan direktur. Di samping itu, dewan pengawas juga dapat membentuk dewan penasihat yang diisi dari kalangan independen maupun investor.



Baca juga artikel terkait SWF atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Abdul Aziz
DarkLight