Jokowi: Rumah Rusak Korban Gempa Majene Dibantu hingga Rp50 Juta

Oleh: Andrian Pratama Taher - 19 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi menyatakan pemerintah pusat akan membantu perbaikan rumah warga yang terdampak gempa di Sulawesi Barat.
tirto.id -
Presiden Jokowi menyatakan pemerintah pusat akan membantu perbaikan rumah warga yang terdampak gempa di Majene, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Hal tersebut disampaikan Jokowi setelah meninjau kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa dan memonitor pemberian bantuan dan evakuasi di Stadion Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (19/1/2021).

"Untuk rumah penduduk yang roboh pemerintah akan membantu," kata Jokowi, Selasa (19/1/2021).

Jokowi mengatakan, rumah keadaan rusak berat mendapat bantuan Rp50 juta, rumah rusak sedang sebesar Rp25 juta, dan untuk yang rusak ringan berarti yang retak-retak Rp10 juta.

Selain rumah, Jokowi juga mengatakan kedatangan dalam rangka memonitor penanganan gempa. Ia pun juga menyatakan akan memperbaiki gedung pemerintah yang rusak.

"Tadi saya sudah sampaikan ke gubernur untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh setelah diaudit nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali," kata Jokowi.

Di saat yang sama, Jokowi mengaku pengelolaan pengungsi sudah berjalan dengan baik. Ia berharap bantuan perbaikan rumah terdampak gempa bisa meringankan beban masyarakat. Selain itu, pemerintahan bisa segera kembali normal setelah terdampak gempa.

"Kita harapkan dengan bantuan dari pemerintah pusat pemulihan kembali baik rumah-rumah yang roboh maupun pemulihan ekonomi, pemulihan pelayanan di pemerintahan di birokrasi juga akan kembali normal," kata Jokowi.

Terakhir, Jokowi mengucapkan turut berduka cita atas insiden gempa tersebut untuk para korban. Ia berdoa semoga keluarga korban bisa sabar dan tabah.

"Terakhir, saya ingin sampaikan rasa duka cita yang mendalam atas korban kurang lebih 80 yang meninggal, yang telah ditemukan. Semoga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran," kata mantan Wali Kota Surakarta itu.

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Barat, Selasa (18/1/2021). Kunjungan kerja dalam rangka meninjau penanganan gempa di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat beberapa waktu lalu.

Dalam informasi yang dirilis pihak Sekretariat Presiden, Jokowi meninjau kerusakan rumah yang terjadi di Majene, Sulawesi Barat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun meninjau kerusakan kantor Gubernur Sulawesi Barat di Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (18/1/2021) pukul 12.20 WITA.


Baca juga artikel terkait GEMPA MAJENE atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight