Jokowi Lantik Mardiono PPP jadi Utusan Khusus Presiden

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 23 Nov 2022 11:24 WIB
Sebelum menjadi Utusan Khusus Presiden, Mardiono menjabat Anggota Dewan Pertimbangan Presiden alias Wantimpres bersama Wiranto dkk.
tirto.id - Presiden Joko Widodo melantik Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan. Jabatan itu berlaku setelah Jokowi mengambil sumpah yang bersangkutan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Nomor 48M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan per 22 November 2022.

"Mengangkat saudara Muhamad Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan," ujar Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwati saat membacakan surat keputusan.

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh Jokowi yang diikuti Mardiono.

Dalam pembacaan sumpah, Mardiono berjanji bahwa ia akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti kepada bangsa dan negara.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Mardiono saat mengucap sumpah di hadapan Presiden Jokowi.

Setelah itu, Mardiono menandatangani berita acara dan menerima ucapan selamat dari Presiden Jokowi terkait jabatan barunya tersebut.

Muhammad Mardiono merupakan Plt Ketum PPP. Partai berlogo kakbah itu masuk dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Mardiono sebelumnya menjabat Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Ia mengaku akan segera mundur dari posisi tersebut setelah terpilih menjadi orang nomor satu di PPP.



Baca juga artikel terkait PLT KETUM PPP MUHAMMAD MARDIONO atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight