Jokowi Apresiasi Capaian Toyota Ekspor 1 Juta Mobil

Oleh: Yudistira Perdana Imandiar - 5 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Menurut Jokowi, aktivitas ekspor Toyota dapat menjadi penolong kondisi ekonomi dan menstabilkan defisit neraca perdagangan.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mengapresiasi capaian PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam mengekspor 1 juta unit mobil utuh (completely built up) di Tanjung Priok Car Terminal, Jakarta Utara, Rabu (5/9/2018).

Disampaikan Jokowi dalam sambutannya, aktivitas ekspor dapat menjadi penolong kondisi ekonomi dan menstabilkan defisit neraca perdagangan.

"Tanpa ekspor dan investasi, kita tidak dapat menyelesaikan masalah fundamental ekonomi," ucap Jokowi.

Seremoni capaian ekspor 1 juta mobil Toyota tersebut juga dihadiri Menteri Perdagangan Enggastiarto Lukita, serta Managing Officer Toyota Motor Corporation and President of Toyota Motor Asia Pacific Susumu Matsuda.

Aktivitas ekspor mobil Toyota Indonesia telah berlangsung lebih dari 30 tahun. Produktivitas ekspor ditopang fasilitas manufaktur di pabrik perakitan TMMIN juga Astra Daihatsu Motor.

Toyota Indonesia memiliki sembilan komoditas ekspor mobil utuh, yakni Toyota Fortuner, Kijang Innova, Vios, Yaris, Sienta, Avanza, Rush, Agya, dan Townace/Townlite. Mobil-mobil tersebut dikapalkan ke lebih dari 80 negara di Asia, Afria, Amerika Latin, dan Karibia.

Pabrikan kendaraan yang sudah memulai bisnisnya di Indonesia sejak tahun 70'an itu juga mengirim unit kendaraan terurai (completely knock down), mesin tipe TR dan NR, dan komponen kendaraan lain.

Sejauh ini, Toyota Fortuner menjadi primadona komoditas ekspor dengan total 410.000 unit terkirim ke berbagai negara sejak 2006. Toyota Indonesia juga memproduksi sedan Vios sejak 2014 untuk didistribusikan ke Timur Tengah dengan volume rata-rata 3.000 unit per bulan.

Berdasarkan klaim perusahaan, Toyota Indonesia menguasai persentase 80 persen total ekspor kendaraan utuh dari Indonesia. Tahun 2017, Toyota Indoneia memenuhi rekor ekspor tertinggi sejak 1987, dengan capaian 199.000 unit mobil per tahun.

"Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami untuk bisa memberikan sumbangsih nyata bagi perkembangan industri otomotif Indonesia melalui kegiatan ekspor. Kami memaknai pencapaian ini sebagai pemicu semangat untuk bisa meningkatkan performa ekspor sehingga dapat membantu peningkatan devisa negara di sektor otomotif," ujar Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia sehingga capaian ini bisa terwujud dengan baik. Kami berharap dukungan ini semakin besar sehingga performa ekspor ke negara-negara tujuan yang sudah eksis dapat ditingkatkan serta perluasan ke negara-negara tujuan baru dapat ditingkatkan." sebut Warih.


Baca juga artikel terkait TOYOTA atau tulisan menarik lainnya Yudistira Perdana Imandiar
(tirto.id - Otomotif)

Reporter: Yudistira Perdana Imandiar
Penulis: Yudistira Perdana Imandiar
Editor: Yantina Debora
Dari Sejawat
Infografik Instagram