Jokowi Ajak Presiden Jerman Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 16 Jun 2022 14:12 WIB | Diperbarui 17 Jun 2022 10:07 WIB
Presiden Jokowi mengajak Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier untuk berinvestasi kendaraan listrik dari hulu ke hilir di Indonesia.
tirto.id -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier untuk berinvestasi kendaraan listrik dari hulu ke hilir di Indonesia. Ajakan itu disampaikan langsung saat menerima kunjungan Frank-Walter di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Peningkatan investasi Jerman di industri teknologi tinggi, antara lain, investasi di sektor industri kendaraan listrik dari hulu hingga hilir," kata Jokowi dalam pernyataannya usai di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (16/6/2022).

Selain itu, Kepala Negara itu juga mengajak industri Jerman untuk kembangkan pabrik semi konduktor di Indonesia. Serta menjadikan industri tersebut bagian dari rantai pasok chip global.

"Saya sampaikan kembali tawaran Indonesia kepada Jerman untuk membangun Jerman Industrial Quarter di salah satu kawasan industri di Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengajak Jerman untuk menguatkan kerja sama di isu perubahan iklim. Menurut Jokowi, saat ini Jerman baru saja membangun green infrasctructure initiative berupa pusat mangrove dunia, senilai 2,5 milliar Euro.

"Saya juga mendorong penguatan kerja sama mengatasi dampak perang Ukraina, khususnya terhadap pangan, energi, dan terkait dengan kerja sama di kawasan Indo-Pasifik," ujar Jokowi.

Indonesia sendiri merupakan negara pertama yang dikunjungi Frank setelah terpilih kembali menjadi Presiden Jerman pada Februari 2022. Hal ini semakin menunjukkan kedekatan antara kedua negara, apa lagi Jerman saat ini merupakan Ketua G7 dan Indonesia menjadi Presiden G20.



Baca juga artikel terkait KERJA SAMA BILATERAL atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Maya Saputri

DarkLight