Copa del Rey

Jelang Sevilla vs Barca, Levante Bakal Adukan Masalah Chumi ke CAS

Oleh: Beni Jo - 22 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Levante akan membawa kasus Chumi ke CAS setelah usaha mereka untuk banding ke pihak RFEF ditolak.
tirto.id - Klub asal Spanyol Levante mengumumkan akan membawa kasus terkait permasalahan diturunkannya defender Barcelona, Chumi ke CAS (Pengadilan Arbitrase Olahraga) saat menjalani laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey.

"Levante akan mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olah Raga sebagai dewan olahraga tertinggi," bunyi pernyataan Levante dikutip akun Twitter resmi klub Selasa (22/1).



Dalam daftar susunan nama-nama di starting XI tim tamu ketika itu terdapat nama Chumi, yang menurut Levante tidak boleh diturunkan dalam pertandingan setelah mengumpulkan lima kartu kuning saat bermain untuk tim Barca B.

Chumi atau Juan Brandáriz tampil sejak menit awal sebelum akhirnya ditarik keluar oleh Ernesto Valverde untuk digantikan Clément Lenglet pada menit ke-59.

Los Granota sempat melakukan banding kepada Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) terkait diturunkannya Chumi di laga tersebut, namun hal itu ditolak RFEF karena pengaduan mereka dianggap terlambat untuk diajukan.

Di sisi lain, menurut Azulgrana,
Chumi telah memenuhi syarat. Barcelona meyakini, pemain tim cadangan hanya bisa terkena larangan bermain di kompetisi yang sama, yaitu liga, bukan Copa del Rey. Menurut pelatih Ernesto Valverde, hukuman larangan bertanding Chumi itu berlaku untuk laga kontra Eibar di Liga Spanyol.

"Kami tidak memiliki keraguan tentang Chumi, baik sebelum, atau selama, atau setelah kejadian. Kami tahu betul bahwa dia diskors dan kami tidak bisa memakai sang pemain dalam pertandingan melawan Eibar, tetapi di Copa del Rey kami bisa," kata Valverde dikutip Marca pada Jumat (18/1).


Pada laga itu, El Barca kalah 2-1 di kandang Levante, Stadion Ciutat de València. Tuan rumah lebih dulu unggul berkat dua gol Erick Cabaco dan Borja Mayoral hingga menit ke-84. Namun, sesaat kemudian Coutinho mencetak gol penalti bagi tim tamu.

Sedangkan pada leg kedua yang digelar di Stadion Camp Nou, tim asal Catalunya itu menang 3-0 atas Levante sekaligus mengantarkan Lionel Messi dan kawan-kawan menuju babak perempatfinal leg pertama melawan Sevilla pada Kamis (24/1) pukul 03.30 WIB di Stadion Ramón Sánchez Pizjuán.



Baca juga artikel terkait COPA DEL REY atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Beni Jo