Copa del Rey

Prediksi Sevilla vs Barcelona, Duel Ulangan Final Copa del Rey

Oleh: Beni Jo - 22 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Tampil di leg pertama perempat final Copa del Rey, prediksi Sevilla vs Barcelona pada Kamis (24/1/2019) pukul 03.30 WIB di Stadion Ramón Sánchez Pizjuán mengarah pada hasil imbang.
tirto.id - Big match leg pertama perempat final Copa del Rey antara Sevilla vs Barcelona digelar Kamis (24/1/2019) pukul 03.30 WIB di Stadion Ramón Sánchez Pizjuán. Bisa jadi laga antara finalis Copa del Rey musim lalu ini akan berjalan seri melihat kekuatan kedua tim yang seimbang.

Barcelona sudah 30 kali mencicipi trofi Copa del Rey. Dalam empat musim terakhir, klub asal Catalunya itu selalu berhasil membawa trofi Copa del Rey ke Camp Nou. Sebaliknya, Sevilla menjadi juara sebanyak lima kali pada musim 1935, 1939, 1947/1948, 2006/2007, dan 2009/2010.

Pertemuan Barcelona dan Sevilla di Copa del Rey bukan cerita baru. Keduanya bersua dua kali di final Copa del Rey dalam tiga musim terakhir. Pada 2016, Barca mengalahkan Sevilla 2-0, sedangkan pada tahun lalu, skor lebih telak tercipta, 5-0.

Sebagai juara bertahan, El Barca kemungkinan bisa diunggulkan dalam laga kali ini. Namun, mereka akan menghadapi skuat asuhan Pablo Machín yang dalam enam laga terakhir di kandang sendiri dalam semua ajang kompetisi, berhasil clean sheet empat kali.

Los Nervionenses lolos menuju perempat final berkat unggul agregat 3-2 atas Athletic Bilbao. Bermain di kandang Athletic pada leg pertama babak 16 besar, Sevilla menang 1-3. Tetapi ketika giliran memainkan leg kedua di markas sendiri, mereka justru kalah 0-1 atas tim tamu.

Sedangkan tim asuhan Ernesto Valverde mempunyai keunggulan agregat 4-2 atas Levante yang berhasil mengantarkan Barca menuju perempatfinal. Saat bermain di Stadion Ciutat de València, Blaugrana kalah 2-1. Giliran bertanding di Camp Nou, skor 3-0 dicapai tuan rumah kala itu.

Menghadapi tim tamu, Sevilla mempunyai kartu truf yang bisa diandalkan dalam mengorek segala informasi mengenai calon lawannya itu. Seperti diketahui, klub tersebut baru saja mendapatkan Munir El Haddadi dari Barcelona pada jendela bursa transfer Januari ini.

"Kami perlu memulihkan kondisi pemain dengan baik. Barcelona adalah favorit untuk semua (laga). Kami harus cepat pulih dengan baik, secara fisik dan mental," tutur pelatih Sevilla Pablo Machin di laman resmi klub usai laga melawan Real Madrid dikutip Senin (21/1).

Dalam pertandingan melawan Real Madrid di Liga Spanyol akhir pekan lalu, Los Nervionenses kalah 2-0 atas tuan rumah di Stadion Santiago Bernabeu. Babak pertama kedua tim bermain imbang 0-0, tetapi memasuki 1x45 menit kedua, gol dari Casemiro dan juga Luka Modric membawa tim tamu pulang tanpa poin.

Sedangkan Barcelona lagi-lagi mengandalkan duet penyerang Lionel Messi dan Luis Suarez dalam kemenangan yang diraih klub sekota Espanyol itu. Kedua pemain sejauh ini sudah mengoleksi total 33 gol untuk Barca saat tampil di Liga Spanyol.

Pada laga terakhir ketika menjamu Leganes di Camp Nou (21/1), duet Argentina-Uruguay itu turut menyumbangkan masing-masing satu gol bagi kemenangan 3-1 atas tim tamu.

Melawan Sevilla di kandang lawan, diprediksi duet bomber Amerika Latin itu akan menjadi ujung tombak bagi Barca untuk mencuri kesempatan gol tandang ke gawang tuan rumah yang kemungkinan akan dijaga oleh Tomas Vaclik.

Dikutip dari laman resmi Azulgrana, Barca dan Sevilla telah bertemu 14 kali di Copa del Rey selama ini. Barca pernah unggul 4-1 atas klub Andalusia itu. Dan pertandingan yang paling berkesan adalah saat kemenangan 5-0 di final Copa del Rey musim lalu. Ketika itu Andrés Iniesta mencetak gol terakhirnya untuk skuat Blaugrana.






Perkiraan Susunan Pemain
Sevilla (3-5-2): Tomas Vaclik; Gabriel Mercado, Dabiel Carrico, Sergi Gomez; Roque Mesa, Jesus Navas, Pablo Sarabia, Franco Vazquez, Aleix Vidal; Luis Muriel, Quincy Promes

Barcelona (4-3-3): Marc Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arturo Vidal; Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele

Prediksi Pertandingan
Sebagai tuan rumah, Sevilla mempunyai keunggulan tersendiri ketika tampil di depan publiknya. Maka laga leg pertama ini kemungkinan akan dimanfaatkan oleh Pablo Sarabia dan kawan-kawan untuk mencetak kemenangan agar pada pertemuan kedua, pekerjaan mereka menjadi lebih ringan saat tampil di Camp Nou.

Namun, Barcelona diprediksi tidak akan menyia-nyiakan kesempatan pada pertandingan pertama ini. Dengan performa Messi dan Suarez yang sedang on fire, keduanya bisa menjadi ujung tombak bagi Ernesto Valverde untuk mencuri gol tandang. Tanpa kehadiran keduanya, Barca menelan kekalahan pada leg pertama babak 16 besar saat melawan Levante di kandang lawan.

Baca juga artikel terkait COPA DEL REY atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Beni Jo
Editor: Beni Jo
DarkLight