Jelang Mudik Lebaran, Pertamina Siapkan BBM Premium Kemasan 1 Liter

Oleh: Shintaloka Pradita Sicca - 8 Juni 2018
Kebijakan penyediaan BBM premium kemasan ini langkah baru Pertamina, sebab biasanya BBM dalam kemasan hanya diberikan untuk BBM jenis Pertamax dan Pertalite.
tirto.id - PT Pertamina (Persero) Tbk menyiapkan BBM Premium dalam kemasan 1 liter pada musim mudik Lebaran tahun ini.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito mengatakan bahwa Premium kemasan 1 liter ini dapat diperoleh di seluruh Kiosk Pertamina, yang disediakan selama masa mudik Lebaran 2018. Setiap kios dipasok sebanyak 2 kiloliter atau setara 2 ribu liter.

Kebijakan penyediaan BBM premium kemasan ini langkah baru Pertamina, sebab biasanya BBM dalam kemasan hanya diberikan untuk BBM jenis Pertamax dan Pertalite. Ia mengatakan hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan Premium di saat arus mudik dan balik hari raya Idul Fitri 2018.

Meskipun, kendaraan pribadi cenderung menggunakan bahan bakar dengan RON yang lebih tinggi seperti Pertalite atau Pertamax, ia mengatakan Premium tetap disiapkan dengan tujuan memenuhi kebutuhan kendaraan jenis tertentu.

"Karena premium ini penugasan pemerintah dan spesifik untuk kendaraan motor tertentu. Tapi, kalau dilihat dari tren pengguna itu mereka itu tahun lalu tidak mau pakai premium, Tapi kita tetap sediakan," ujar Adiatma.

Kemudian, ia mengatakan bahwa detail lokasi layanan Pertamina ini di sepanjang musim mudik Lebaran dapat dilihat di aplikasi aplikasi peta daring, Waze. Sehingga, masyarakat dapat tahu ketersediaan BBM kemasan maupun layanan lainnya di sepanjang perjalanan.

Dia mengatakan Premium kemasan itu akan disiapkan khususnya di titik-titik rawan kemacetan. "Titik-titik macet disiapkan 1 liter untuk premium kemasan, per kios. Detail dari Waze bisa dilihat," ucapnya.

Sebagai informasi, SPBU di wilayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali) yang mendapatkan penugasan kembali dari pemerintah bersifat wajib menyediakan Premium bertambah sebanyak 571 SPBU. Sehingga total seluruh SPBU yang menjual premium mencapai 2.090 SPBU di wilayah Jamali.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Shintaloka Pradita Sicca
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Shintaloka Pradita Sicca
Penulis: Shintaloka Pradita Sicca
Editor: Maya Saputri