Jay-Z Sewa Iklan Koran Satu Halaman Penuh untuk George Floyd

Oleh: Alexander Haryanto - 3 Juni 2020
Kematian George Floyd telah memicu demonstrasi di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia.
tirto.id - Jay-Z dan perusahaan hiburannya Roc Nation telah mengeluarkan iklan satu halaman penuh di surat kabar seluruh Amerika Serikat yang didedikasikan untuk mengenang kematian George Floyd.

Diwartakan The Guardian, kematian Floyd telah memicu demonstrasi di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia. Mereka menuntut keadilan terhadap pria kulit hitam yang meninggal dalam penahanan.

Orang-orang dari kota di seluruh dunia berbaris dalam solidaritas dengan demonstran di AS. Para politikus dan tokoh masyarakat bersatu untuk mengutuk pembunuhan George Floyd.

Awal minggu ini, seperti dilansir NME, rapper bergabung dengan daftar nama-nama terkenal dari seluruh dunia musik dan hiburan untuk menyerukan keadilan bagi Floyd, yang meninggal saat berada dalam tahanan polisi di Minneapolis pada 25 Mei. Mantan petugas polisi Derek Chauvin telah didakwa dengan pembunuhan berencana.

Dalam pernyataannya pada hari Senin (1/6), Jay-Z meminta Jaksa Agung Minnesota, Keith Ellison "untuk melakukan hal yang benar dan menuntut semua orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan George Floyd."

Kemarin (2 Juni) Jay-Z dan Roc Nation menyewa iklan satu halaman penuh yang didedikasikan untuk mengenang Floyd di surat kabar AS seperti The New York Times, Chicago Tribune dan Philadelphia Enquirer.

Iklan tersebut berisi kutipan Martin Luther King, Jr. yang dibuat oleh pemimpin hak-hak sipil selama pidatonya di Selma, Alabama pada Maret 1965.

"Seorang pria mati ketika dia menolak untuk membela yang benar," bunyi kutipan Martin Luther King, Jr.

Selain Jay-Z, iklan tersebut ditandatangani oleh organisasi seperti Asosiasi Pengacara Kriminal Nasional, Inisiatif Global Wanita dan Aliansi Reformasi Van Jones. Orang tua dari Botham Jean, DJ Henry dan Antwon Rose II, yang semuanya adalah pria kulit hitam tak bersenjata yang dibunuh oleh petugas polisi, juga menandatangani.


Baca juga artikel terkait JAY-Z atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight