Bandcamp akan Sumbang Keuntungan untuk Dukung Keadilan Rasial

Oleh: Alexander Haryanto - 3 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Bandcamp akan menyumbangkan seluruh keuntungan terkait kasus rasisme di AS menyusul kematian George Floyd.
tirto.id - Platform musik Bandcamp telah mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan seluruh keuntungan mereka pada tanggal 17 Juni 2020 ke The NAACP Legal Defense Fund.

Keputusan itu terinspirasi oleh protes yang sedang berlangsung di seluruh dunia setelah kematian George Floyd dan kasus-kasus ketidakadilan rasial lainnya, demikian seperti dilansir NME.

Selain itu, donasi ini juga sekaligus untuk memperingati Juneteenth, atau yang biasa disebut Hari Kebebasan atau Hari Emansipasi di AS, yakni pengumuman penghapusan perbudakan orang Afrika-Amerika pada tahun 1865.

Co-founder Bandcamp, Ethan Diamond mengatakan bahwa pembunuhan yang terjadi pada George Floyd baru-baru ini dan kasus yang sudah-sudah seperti pada Tony McDade, Sean Reed, Breonna Taylor, Ahmaud Arbery adalah tragedi yang mengerikan.

“Kami mendukung orang-orang yang menuntut keadilan, kesetaraan, dan perubahan, dan orang-orang kulit berwarna di mana-mana yang hidup dengan rasisme setiap hari, termasuk banyak rekan karyawan dan seniman serta penggemar kami di komunitas Bandcamp,” ungkap Diamond.


Untuk itu, kata dia, 100 persen keuntungan dari penjualan Bandcamp yang dilakukan sepanjang 17 Juni akan disumbangkan ke The NAACP Legal Defense Fund, sebuah organisasi hukum yang memperjuangkan keadilan rasial melalui litigasi, advokasi, dan pendidikan publik.

Selain itu, situs tersebut telah mengumumkan bahwa mereka akan mengalokasikan tambahan 30.000 dolar AS per tahun untuk bermitra dengan organisasi keadilan rasial dan untuk menciptakan peluang bagi orang-orang kulit berwarna.

"Momen saat ini adalah bagian dari sistem penindasan struktural orang kulit berwarna yang telah lama, tersebar luas, dan mengakar, dan kemajuan nyata membutuhkan komitmen yang berkelanjutan dan tulus terhadap keadilan dan perubahan ras, politik, sosial, dan ekonomi," lanjut Diamond.

“Kami akan terus mempromosikan keragaman dan peluang melalui misi kami untuk mendukung seniman, produk yang kami bangun untuk memberdayakan mereka, yang kami promosikan melalui Bandcamp Daily, hubungan kami dengan seniman dan organisasi lokal melalui ruang Oakland kami, bagaimana kami beroperasi sebagai tim, dan siapa dan bagaimana kami merekrut."

Ini bukan pertama kalinya Bandcamp mendukung inisiatif amal dan keadilan sosial. Jumat ini (5 Juni) akan menjadi yang keempat kalinya mereka melepaskan keuntungan satu hari sepenuhnya untuk mendukung musisi yang terdampak corona.


Baca juga artikel terkait BANDCAMP atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight