Jasa Marga Siapkan Perangkat untuk Mempermudah Pembayaran Tol

Oleh: Yulaika Ramadhani - 12 April 2018
Dibaca Normal 1 menit

"Perangkat pembayaran bergerak untuk di gerbang tol kita tambah menjadi 10, di exit ada 15 ke arah Jakarta. Walaupun kita tahu Gerbang Cikarang Utama sudah aman untuk jumlah gate yang dibuka, tapi ini antisipasi."
tirto.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menyiapkan perangkat pembayaran bergerak atau yang diistilahkan sebagai mobile reader untuk memudahkan pengguna jalan dalam melakukan transaksi pembayaran tol terutama saat mudik Lebaran nanti.

General Manager Jasa Marga Cabang Cikampek Raddy R. Lukman mengatakan khusus di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, terdapat 10 unit mobil reader (arah Cikampek) dan 15 unit (pada gerbang arah Jakarta) yang akan difungsikan.

"Perangkat pembayaran bergerak untuk di gerbang tol kita tambah menjadi 10, di exit ada 15 ke arah Jakarta. Walaupun kita tahu Gerbang Cikarang Utama sudah aman untuk jumlah gate yang dibuka, tapi ini antisipasi," kata Raddy, dalam kunjungan media di Kantor Jasa Marga, Cikarang, Rabu (11/4/2018) dilansir Antara.


Raddy menjelaskan mekanisme penggunaan mobile reader adalah petugas tol akan melakukan jemput kendaraan untuk menempelkan kartu elektronik atau e-Toll Card pengguna jalan.

Penggunaan perangkat ini diharapkan dapat mengurai kemacetan jika terjadi penumpukan antrean pada gerbang masuk dan keluar tol.


Upaya lainnya yang dilakukan Jasa Marga dalam mempermudah layanan transaksi tol adalah penambahan mesin top up tunai yang saat ini baru terdapat 2 unit di GT Cikarang Utama.

Menurut Raddy, rencananya perseroan akan menambah lima mesin top up tunai.

"Top up tunai ini gunanya untuk memperkecil gangguan karena pengguna jalan yang kekurangan saldo. Oleh sebab itu, kami sarankan pengguna jalan untuk cek saldo sebelum berangkat," tambah Raddy.

Selain lewat tunai, top up juga dapat dilakukan menggunakan kartu debit. Petugas pun sudah menyiapkan mesin EDC untuk penambahan saldo e-Toll Card.

Selain itu, untuk mengantisipasi kepadatan volume lalu lintas di GT Cikarang Utama pada puncak arus mudik dan arus balik, Jasa Marga mengoperasikan maksimal 20 gardu tol operasi (arah Cikampek), 29 gardu tol operasi (arah Jakarta).


Baca juga artikel terkait LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani