Jalur Mandiri Unhas 2022 S1 & D4: Jadwal, Biaya, & Cara Daftar

Penulis: Abdul Hadi - 24 Jun 2022 14:05 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Pendaftaran jalur mandiri Unhas 2022 untuk jenjang S1 dan D4 masih terbuka hingga 7-8 Juli 2022. Berikut ini syarat, jadwal, dan cara daftarnya.
tirto.id - Universitas Hasanuddin (Unhas) membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur mandiri untuk tahun ajaran 2022/2023 dengan tenggat waktu beragam. Hingga hari ini (Jum'at, 24/6/2022), jalur mandiri S1 dan D4 yang masih dibuka adalah jalur mandiri program vokasi D4 terapan, sarjana reguler, dan kelas internasional sampai dengan 7-8 Juli 2022. Berikut ini ketentuan mengenai seleksi mandiri Unhas, mulai dari syarat, jadwal, dan cara daftarnya.

Seluruh rangkaian proses pendaftaran jalur mandiri, pembayaran, dan pemilihan program studi di Unhas dilakukan secara daring melalui laman https://regpmb.unhas.ac.id/

Universitas Hasanuddin merupakan salah satu universitas negeri yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Dari sejarahnya, sebenarnya universitas ini merupakan cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) yang didirikan pada 1947 berdasarkan keputusan Letnan Jenderal Gubernur Pemerintah Hindia Belanda Nomor 127 tanggal 23 Juli 1947.

Selanjutnya, pada 10 September 1956, Prof. Drs. Wolhoff dan Drs. Mohammad Baga meresmikan Universitas Hasanuddin sebagai lembaga pendidikan tersendiri terpisah dari UI.

Saat ini, Unhas sudah memiliki 15 fakultas dan sekolah pascasarjana. Kelima belas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kehutanan (FKH), Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Pertanian (FAPERTA), Fakultas Keperawatan, Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Selanjutnya, pendaftaran jalur mandiri Unhas 2022/2023 dibagi menjadi berbagai pilihan, yaitu Ketua OSIS, Jalur Non-Subsidi (JNS), Jalur Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan (POSK), Vokasi D4 Terapan, dan Jalur Kelas Internasional.

Akan tetapi, dari jadwalnya, dari berbagai pilihan di atas, yang masih terbuka hingga hari ini (Jum'at, 24/6/2022) hanyalah jalur mandiri vokasi terapan D4, JNS, dan kelas internasional.


Syarat Mengikuti Pendaftaran Jalur Mandiri Unhas 2022


Kendatipun setiap jurusan memiliki persyaratan-persyaratan yang berbeda-beda, namun ada kesamaan tertentu bagi calon pendaftar di Unhas.

1. Calon peserta adalah lulusan SMA atau yang sederajat dalam 3 tahun terakhir (2020, 2021, 2022). Sementara itu, untuk pendaftar Jalur Non-Subsidi (JNS) harus terdaftar sebagai peserta ujian SBMPTN 2022.

2. Registrasi pendaftaran di situs web https://regpmb.unhas.ac.id

3. Membayar biaya pendaftaran.

4. Melengkapi berkas-berkas, mulai dari pas foto terbaru, scan KTP, scan KK, scan ijazah, hingga bukti pembayaran.

5. Untuk rincian persyaratan berdasarkan masing-masing jurusan dapat dicek langsung pada laman di sini.


Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri Unhas 2022


Rincian biaya pendaftaran berdasarkan 3 jalur mandiri di atas adalah sebagai berikut:

  • Biaya pendaftaran program vokasi D4 terapan: Rp400.000
  • Biaya pendaftaran Jalur Non-Subsidi (JNS): Rp750.000
  • Biaya pendaftaran kelas internasional: Rp1.000.000


Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri Unhas 2022


Jadwal penerimaan UNHAS Makassar tahun ajaran 2022/2023 melalui jalur mandiri untuk jenjang S1 dan D4 masih terbuka hingga 7-8 Juli 2022.

  • Program Sarjana (S1) Jalur Mandiri JNS/POSK/VOKASI, mulai tanggal 24 Juni s.d. 7 Juli 2022
  • Program Sarjana (S1) Jalur Mandiri Kelas Internasional, mulai tanggal 24 Juni s.d. 8 Juli 2022.

Alur Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru UNHAS Makassar Semester Awal 2022/2023


  1. Peserta membuka laman pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui https://regpmb.unhas.ac.id;
  2. Peserta membaca dengan cermat informasi dan persyaratan;
  3. Bila memenuhi persyaratan, Peserta melakukan registrasi akun biaya pendaftaran pada laman https://regpmb.unhas.ac.id;
  4. Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai dengan bank yang ditunjuk agar bisa mendapatkan user dan password. User dan password akan digunakan untuk Login Pendaftaran Camaba di laman https://regpmb.unhas.ac.id;
  5. Setelah peserta melakukan pembayaran, user dan password akan tercetak di bukti pembayaran. Username diisi dengan nomor telepon peserta dan password adalah kode akses atau pin;
  6. Peserta login dengan user dan password masing-masih di laman https://regpmb.unhas.ac.id, kemudian mengisi biodata secara cermat, mengunggah kelengkapan berkas, dan mencetak formulir;
  7. Peserta menunggu hasil verifikasi dari panitia;
  8. Jika hasil verifikasi sudah valid, maka peserta dapat mencetak kartu ujian sesuai jadwal yang sudah diterima. Jika tidak, peserta harus melakukan konfirmasi ke Helpdesk untuk melakukan perbaikan dokumen;
  9. Peserta mengikuti ujian;
  10. Peserta menunggu rapat kelulusan;
  11. Akses pengumuman di laman https://regpmb.unhas.ac.id.

Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight