Hasil SBMPTN 2022 Unsyiah: Unduh Sertifikat dan Cara Daftar Ulang

Kontributor: Ilham Choirul Anwar - 24 Jun 2022 11:06 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Calon mahasiswa baru yang lolos UTBK-SBMPTN 2022 di Universitas Syiah Kuala dapat melakukan daftar ulang mulai 25 Juni 2022.
tirto.id - Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) untuk Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah disampaikan 23 Juni 2022 pukul 15.00 WIB. Status kelulusan setiap peserta dapat diakses melalui situs LTMPT atau link mirror Unsyiah di laman https://sbmptn.unsyiah.ac.id.

Mengutip unggahan sosial media Unsyiah, untuk bisa mengecek status kelulusan diperlukan identitas berupa nomor peserta beserta tanggal lahir lengkap. Peserta tidak perlu melakukan login ke akun LTMPT atau link mirrornya. Cara cek cukup mudah dan ikuti langkah berikut:

1. Buka situs cek hasil di LTMPT atau link mirror Unsyiah di laman https://sbmptn.unsyiah.ac.id;
2. Masukkan nomor peserta UTBK-SBMPTN pada kolom baris pertama dan tanggal lahir pada kolom baris kedua;

3. Klik kotak centang pada pernyataan tidak melakukan kecurangan dalam proses UTBK-SBMPTN;
4. Klik tombol Lihat Hasil. Selanjutnya, layar akan menunjukkan status kelulusan peserta.

Setiap peserta dapat mengunduh sertifikat hasil nilai UTBK melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id seperti saat membuat akun untuk mendaftar UTBK-SBMPTN 2022. Masa untuk mengunduh sertifikat dibatasi mulai 25 - 31 Juli 2022. Sertifikat UTBK 2022 diperlukan bagi mahasiswa yang lolos untuk melakukan daftar ulang pada PTN yang menerimanya.

Di samping itu, sertifikat UTBK juga bisa dipakai mahasiswa yang tidak lulus SBMPTN untuk mendaftar ke PTN lewat jalur Mandiri. Sebagian PTN membuka penerimaan mahasiswa baru yang salah satunya dengan metode seleksi hasil nilai UTBK terbaru.

Tata Cara Daftar Ulang SBMPTN Unsyiah 2022



Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang lolos dan diterima di Unsyiah, maka wajib melakukan daftar ulang agar statusnya benar-benar resmi menjadi mahasiswa baru.

Mengutip laman PMB Unsyiah, ada serangkaian langkah yang perlu ditempuh dalam pendaftaran ulang yang dibuka mulai 25 Juni - 10 Juli 2022. Berikut ringkasan alur daftar ulang di Unsyiah tahun 2022:


  • Pengisian biodata Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB)
  • Orientasi Sistem Informasi Kampus (Osimpus)
  • Tes kesehatan/narkoba
  • Pembayaran Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) lewat bank setelah tes narkoba
  • Pemotretan, pengambilan NPM dan map berkas registrasi, mengisi biodata online pengembalian berkas registrasi, serta cetak KTMS
  • Library orientation class and tour
  • Pengisian KRS online


Tata cara dan informasi selengkapnya mengenai daftar ulang calon mahasiswa baru yang lolos SBMPTN dan SNMPTN 2022, dapat dibaca dengan mengunduh Surat Pengumuman Rektor Unsyiah yang ada di tautan ini.


Baca juga artikel terkait HASIL SBMPTN UNSYIAH 2022 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yantina Debora

DarkLight