Menuju konten utama

Jadwal Seleksi Mandiri Universitas Terbuka 2022 & Link Daftar

Jadwal seleksi mandiri Universitas Terbuka 2022, syarat, prosedur dan link daftarnya.

Jadwal Seleksi Mandiri Universitas Terbuka 2022 & Link Daftar
Ilustrasi Registrasi Online. foto/istockphoto

tirto.id - Pendaftaran Mahasiswa Baru jalur Seleksi Mandiri Universitas Terbuka 2022 telah dibuka sejak tanggal 9 Mei hingga 16 Agustus 2022. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://admisi-sia.ut.ac.id/. Berikut jadwal lengkap seleksi mandiri, alur, hingga link pendaftaran Universitas Terbuka 2022.

Universitas Terbuka adalah kampus menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Universitas Terbuka memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sebelumnya bernama Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan satu Program Pascasarjana.

Universitas Terbuka secara total menyelenggarakan sebanyak 39 program studi yang terdiri dari 31 Program Sarjana, 2 Program Diploma, dan 6 Program Magister.

Jadwal Seleksi Mandiri Universitas Terbuka 2022

Universitas Terbuka terdiri dari dua jenis registrasi pendaftaran mahasiswa baru meliputi Jalur RPL dan Jalur Non RPL. Berikut ini jadwal Seleksi Mandiri Universitas Terbuka program Diploma/Sarjana semester 2022/2023:

1. Waktu admisi/pendaftaran mahasiswa baru yaitu:

  • Jalur RPL/Alih kredit dari tanggal 9 Mei -27 Juli 2022
  • Jalur Non RPL/Alih kredit dari tanggal 9 Mei - 16 Agustus 2022

2. Waktu pembayaran LIP admisi/pendaftaran yaitu:

  • Jalur RPL/Alih kredit dari tanggal 9 Mei - 29 Juli 2022
  • Jalur Non RPL/Alih kredit dari tanggal 9 Mei - 18 Agustus 2022

3. Waktu Unggah berkas mahasiswa baru yaitu:

  • Jalur RPL/Alih kredit dari tanggal 9 Mei - 1 Agustus 2022
  • Jalur Non RPL/Alih kredit dari tanggal 9 Mei - 22 Agustus 2022

4. Waktu pembayaran LIP R (uang kuliah) bagi mahasiswa baru yaitu 14 Juni - 9 September 2022

Prosedur Pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Terbuka 2022

Berikut ini sembilan langkah proses pendaftaran Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana Universitas Terbuka 2022:

1. Daftar ke Aplikasi SIA

Calon mahasiswa melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa baru melalui website admisi-sia.ut.ac.id.

2. Verifikasi Email

Melakukan proses verifikasi pada link yang dikirimkan pada email calon mahasiswa yang telah didaftarkan.

3. Pembayaran Billing Admisi

Calon mahasiswa melakukan pembayaran billing admisi pada Bank atau Mitra Universitas Terbuka meliputi BRI, BNI, Mandiri, BTN, Alfagroup, dan Tokopedia.

4. Registrasi Data Pribadi

Melengkapi proses registrasi data pribadi meliputi sebagai berikut:

  • Mengisi form data diri calon mahasiswa;
  • Mengisi form informasi kontak;
  • Mengisi form program pendidikan;
  • Mengisi form pendidikan terakhir danalih kredit;
  • Mengisi form informasi tambahan;
  • Mengisi form pendaftaran difabel;
  • Mengisi form unggah berkas wajib.

5. Validasi Data Pribadi

Data akan divalidasi oleh Universitas Terbuka dalam waktu 3x24 jam dari proses pengisian kelengkapan data registrasi data pribadi.

6. Cetak KTMS

Lakukan cetak KTMS untuk mahasiswa baru Universitas Terbuka.

7. Proses Registrasi Mata Kuliah

Mahasiswa baru melakukan registrasi mata kuliah sesuai dengan program yang ditempuh.

8. Pelunasan Billing Registrasi Mata Kuliah

Mahasiswa melakukan pembayaran billing registrasi mata kuliah pada Bank atau Mitra Universitas Terbuka meliputi BRI, BNI, Mandiri, BTN, Alfagroup, dan Tokopedia.

9. Officer 365

Mahasiswa mendapatkan email ecampus dan akses Official 365 dengan format sebagai berikut:

  • Username: nim@campus.ut.ac.id
  • Password: Utddmmyy [Tanggal Lahir] [Bulan Lahir] [Tahun Lahir]

Baca juga artikel terkait PENDIDIKAN atau tulisan lainnya dari Syamsul Dwi Maarif

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Alexander Haryanto