Jakarta Siap Terima Kedatangan Api Obor Asian Games 2018 Rabu Besok

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 14 Agustus 2018
Pada Rabu (15/8/2018) besok, kirab obor untuk wilayah DKI Jakarta resmi dimulai. Kirab obor akan dimulai dari wilayah Jakarta Timur.
tirto.id - Api Obor Asian Games 2018 akan tiba di Jakarta pada Rabu (15/8/2018) besok. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan siap menerima kedatangan sekaligus melakukan kirab obor di lima wilayah dan satu kabupaten di ibukota.

"Pada Rabu (15/8/2018) besok, kirab obor untuk wilayah DKI Jakarta resmi dimulai. Kirab obor akan dimulai dari wilayah Jakarta Timur," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Ratiyono di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Di wilayah Jakarta Timur, menurut dia, kirab obor akan dimulai dari Lippo Mall Kramat Jati dan berakhir di Sasana Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia (TMII).

"Pada hari yang sama, obor akan dibawa hingga menyusuri Jalan TB Simatupang di Jakarta Selatan. Kemudian, obor akan diinapkan di Balai Kota DKI Jakarta," ujar Ratiyono.

Pada Kamis (16/8/2018), dia menuturkan obor itu akan dibawa mengelilingi wilayah Jakarta Pusat yang dimulai dari Masjid Akbar Kemayoran hingga Monas. Lalu berlanjut ke wilayah Jakarta Barat yang dimulai dari Kawasan Wisata Kota Tua hingga RPTRA Kalijodo.

"Kirab obor diteruskan lagi dihari yang sama ke wilayah Jakarta Utara untuk kemudian diinapkan di kawasan Danau Sunter," tutur Ratiyono.

Pada Jumat (17/8/2018), dia mengungkapkan obor tersebut akan dibawa menuju Pulau Untung Jawa di Kabupaten Kepulauan Seribu, kemudian menuju ke Monas dan Istana Negara.

"Pada hari kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 17 Agustus 2018 malam hari, api Asian Games akan diletakkan di mini cauldron di Monas. Masyarakat bisa melihat langsung kesana," ungkap Ratiyono.

Selanjutnya, dia mengatakan pada Sabtu (18/8/2018), obor tersebut akan diarak bersama-sama oleh pejabat pemerintah, kepolisian, TNI dan masyarakat mulai dari Monas hingga ke Pintu 10 Gelora Bung Karno, Senayan.

"Kami berharap acara kirab obor di Jakarta dapat berlangsung dengan meriah. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari seluruh warga untuk menyukseskan acara tersebut," tambah Ratiyono.


Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo