Jadwal Vaksinasi COVID-19 untuk Atlet Dimulai 26 Februari

Oleh: Ibnu Azis - 24 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sasaran vaksinasi COVID-19 tahap pertama untuk atlet sebanyak 730 orang. Semula, diperuntukkan untuk 300 atlet.
tirto.id - Vaksinasi COVID-19 tahap pertama untuk atlet dimulai pada 26 Januari 2021, kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto.

"Vaksinasi bagi atlet, pelatih, ofisial, dan tenaga pendukung akan dilakukan pada 26 Februari," ujarnya, Selasa (23/2/2021), seperti dikutip dari Antaranews.

Kemenpora saat ini sedang melakukan koordinasi secara internal khususnya terkait persiapan vaksinasi. Gatot mengatakan, apa yang menjadi catatan dari Kementerian Kesehatan akan difasilitasi.


Sasaran Vaksinasi Atlet

Gatot mengatakan, sasaran vaksinasi COVID-19 tahap pertama untuk atlet sebanyak 730 orang. Selain atlet, pelatih dan ofisial termasuk dalam sasaran pada tahap perdana itu.

Semula, vaksinasi tahap pertama ini hanya diperuntukkan pada 300 atlet termasuk ofisial dan tenaga pendukung. Akan tetapi, jumlah itu berubah menjadi 730 orang.

Meski Kemenpora sudah mengumumkan jadwal vaksinasi COVID-19 tahap pertama untuk atlet, Gatot tak menyebut secara detail terkait cabang olahraga mana saja yang akan menjalani vaksinasi.

Kemenpora sebelumnya telah mengusulkan 1.500 nama, termasuk atlet, pelatih, dan ofisial dari 17 cabang olahraga serta National Paralympic Committee (NPC) agar mendapat prioritas vaksinasi COVID-19 dari pemerintah.

Pada Februari lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, atlet sepak bola menjadi salah satu penerima pertama vaksin COVID-19 untuk olahragawan, pelatih, dan ofisial.


Lokasi Pelaksanaan Vaksinasi Atlet

Gatot mengatakan, vaksinasi tahap pertama yang dimulai pada 26 Februari mendatang akan digelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Namun, pelaksanaan di Istora GBK hanya sebagai kick off perdana pemberian vaksin.

Lalu, sisa peserta yang belum divaksinasi akan dilanjutkan di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Cibubur maupun tempat pelatnas masing-masing cabang olahraga.


Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight