Jadwal & Syarat Pendaftaran PPDB Klaten 2022/2023 SMP Semua Jalur

Penulis: Abdul Hadi, tirto.id - 26 Jun 2022 19:05 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal PPDB SMP Klaten dibuka sejak 27-30 Juni 2022. Lantas, apa persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta didik baru untuk mendaftar PPDB?
tirto.id - Jadwal pendaftaran dan pemilihan sekolah, serta seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk semua jalur dimulai 27-30 Juni 2022. Lantas, apa persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta didik baru untuk mendaftar PPDB?

Seluruh proses pendaftaran dan pemilihan SMP, serta seleksinya dilakukan secara daring melalui link atau tautan https://klaten.siap-ppdb.com/

Secara umum, jalur pendaftaran PPDB SMP Klaten 2022 terdiri atas Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, dan Jalur Prestasi.

Pertama, PPDB SMP Jalur Zonasi adalah jalur yang ditujukan bagi calon peserta didik baru yang berdomisili dalam wilayah zonasi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah. Kuota Jalur Zonasi minimal 50 persen dari daya tampung pendaftaran.

Kedua, Jalur Afirmasi adalah jalur yang disediakan untuk siswa yang menerima program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah dan siswa penyandang disabilitas. Kuota Jalur Afirmasi maksimal 15 persen dari daya tampung.

Ketiga, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua adalah jalur yang dapat ditujukan untuk anak guru dan juga bagi calon pendaftar dari luar kabupaten karena orang tuanya yang pindah domisili karena tugas kedinasan.

Perpindahan itu dibuktikan dengan surat penugasan dari atasan yang bersangkutan, serta anak dari tenaga kesehatan yang bekerja untuk penanganan Covid-19 dibuktikan dengan surat keterangan dari Dinas Kesehatan. Kuota Jalur Perpindahan Orang Tua ini maksimal 5 persen dari daya tampung.

Keempat, Jalur Prestasi adalah jalur yang memperhitungkan nilai ujian sekolah serta hasil perlombaan dan/atau penghargaan di bidang akademik maupun non-akademik pada tingkat internasional, tingkat nasional, tingkat provinsi, atau tingkat kabupaten/kota. Kuota Jalur Prestasi maksimal 30 persen dari daya tampung pendaftaran.

Seluruh alur pendaftaran PPDB SMP Klaten 2022 yang disebutkan di atas akan diselenggarakan secara daring, sebagaimana dikutip dari Sosialisasi Pedoman Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2022/2023.

Jadwal PPDB SMP Klaten 2022 Semua Jalur


  • Pendaftaran daring (27 - 30 Juni 2022 selama 24 jam, hari terakhir sampai pukul 12.00 WIB)
  • Analisis dan penyusunan peringkat (1 - 2 Juli 2022 selama 24 jam)
  • Pengumuman hasil seleksi (6 Juli 2022 selama 24 jam)
  • Daftar ulang (7 - 8 Juli 2022 dari 08:00 - 14:00 WIB)
  • Hari pertama sekolah (11 Juli 2022 dari 08:00 - 14:00 WIB)

Syarat Pendaftaran PPDB SMP Klaten 2022


  • Berusia paling tinggi 15 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; dan
  • Telah menyelesaikan kelas 6 SD atau bentuk lain yang sederajat;
  • Bagi tamatan SD/MI sebelum tahun 2021/2022 menggunakan nilai ijazah tahun yang bersangkutan
  • Bagi tamatan SD/MI yang lulus tahun pelajaran 2021/2022 menggunakan nilai Surat Keterangan Lulus (SKL) yang diterbitkan oleh sekolah yang bersangkutan

Selain persyaratan umum di atas, terdapat juga persyaratan dokumen yang mesti dipenuhi peserta sewaktu mendaftar, yaitu:

  • Kartu Keluarga (KK);
  • Akte Kelahiran;
  • SKL/Ijazah/Program Paket A;
  • Pas foto ukuran 3 x 4

Tata cara pendaftaran PPDB SMP Klaten 2022 Semua Jalur


Cara pendaftaran di PPDB SMA Klaten memiliki dua jenis, yaitu daring dan luring. Mengutip juknis PPDB Klaten 2022, ketentuan pendaftaran untuk kedua jenis pendaftaran sebagai berikut:

  • Calon peserta didik dapat memilih 2 sekolah untuk 1 jalur pendaftaran PPDB dalam 1 wilayah zonasi (bagi pendaftar Jalur Zonasi);
  • Selain melalui Jalur Zonasi dalam wilayah zonasi, calon peserta didik dapat mendaftar melalui Jalur Afirmasi, Jalur Prestasi, atau Jalur Perpindahan Orang Tua;
  • Bagi pendaftar yang masih tercantum dalam pilihan 1 dan/atau 2 di SMP, tidak dapat mencabut berkas untuk mendaftar ke sekolah lain, dan apabila mencabut berkas tidak dapat mendaftar lagi secara online;
  • Pendaftar yang tidak masuk dalam peringkat di sekolah pilihan 1 dan/atau 2 dapat mendaftar lagi ke SMP lain yang berbeda dengan 2 pilihan sekolah, selama masih dalam waktu pendaftaran dengan memindahkan berkas ke SMP yang dituju secara online.

Langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran PPDB SMP Klaten 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Calon peserta didik baru menyiapkan berkas-berkas persyaratan yang telah disebutkan di atas.
  2. Calon peserta didik baru mengakses situs web PPDB SMP Klaten di tautan https://klaten.siap-ppdb.com/
  3. Calon peserta didik baru melakukan pengajuan pendaftaran mandiri dengan mengisi formulir secara daring.
  4. Calon peserta didik baru mengunggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan.
  5. Kemudian, memilih sekolah tujuan.
  6. Mencetak bukti pengajuan pendaftaran.
  7. Selanjutnya, operator sekolah melakukan verifikasi pendaftaran secara daring.
  8. Calon peserta didik baru dapat melihat hasil seleksi dan pengumuman secara daring di situs web: https://klaten.siap-ppdb.com/.

Baca juga artikel terkait PPDB KLATEN atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yantina Debora

DarkLight