Jadwal PPDB Kepri 2022/2023

Jadwal PPDB Kepri 2022 SMA: Pendaftaran Jalur Zonasi Dibuka 28 Juni

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 26 Jun 2022 15:53 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal PPDB SMA 2022/2023 di Kep Riau untuk Jalur Zonasi akan dibuka pendaftaran mulai Selasa 28 Juni 2022.
tirto.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tahun akademis 2022/2023 tinggal menyisakan jalur terakhir, yaitu Zonasi. Jalur ini akan dibuka proses pendaftarannya mulai 28 Juni 2022. Sementara itu pendaftaran pada jalur Afirmasi, perpindahan Tugas Orang Tua, Prestasi, serta Bahasa telah ditutup, dan akan diumumkan hasilnya pada Senin (27/6/2022) besok.

Mengutip laman SIPPDB Kepri, pelaksanaan PPDB SMA Kepri jalur Zonasi akan dilakukan secara online. Calon peserta didik baru (CPDB) dapat mengaksesnya melalui laman https://sippdb.kepriprov.go.id.

Sementara jadwal lengkap atau agenda untuk pendaftaran Jalur Zonasi sebagai berikut:
  • Pendaftaran: 28 Juni - 2 Juli 2022
  • Pengumuman: 4 Juli 2022
  • Daftar ulang: 4 Juli 2022

PPDB SMA jalur Zonasi khusus diperuntukkan bagi CPDB yang berdomisili di dalam lingkup wilayah zonasi yang sudah ditentukan. CPDB yang memiliki jarak terdekat dari alamat domisili menuju sekolah tujuan, bakal mendapat peluang lolos lebih besar. PPDB SMA Kepri tahun 2022/2023 memiliki total 93 SMA Negeri yang bisa dipilih oleh CPDB saat mendaftar.

Kuota PPDB jalur Zonasi dialokasikan sebesar 50 persen dari daya tampung sekolah. Sedangkan jika dibandingkan dengan kuota pendaftaran jalur lain adalah: Afirmasi kuota 15 persen, Prestasi kuota 15 persen, dan perpintahan tugas orang tua kuota 5 persen. Adapun jalur Bahasa turut berbagi kuota dengan Zonasi.



Alur Pendaftaran PPDB SMA Kepri 2022


Berikut ini sejumlah poin penting terkait alur pendaftaran PPDB SMA Kep Riau tahun 2022/2023 yang dilakukan dengan sistem online.

  • CPDB membuka situs PPDB Kepri Online di https://sippdb.kepriprov.go.id
  • Bagi peserta dari Kepri, lakukan login menggunakan NISN. Peserta dari luar Kepri, sila membuat dahulu akun peserta pada laman https://sippdb.kepriprov.go.id/register
  • Mengisi formulir pendaftaran peserta dan mengunggah berkas secara online sampai selesai. pada jalur Zonasi dokumen yang perlu diunggah yaitu scan Ijazah/SHUS/Surat Keterangan Lulus (SKL) dan Kartu keluarga (KK).
  • Panitia PPDB akan melakukan verifikasi formulir pendaftaran dan berkas
  • CPDB memantau hasil verifikasi berkas oleh panitia secara berkala lewat situs PPDB Kepri https://sippdb.keprigov.go.id atau lewat email aktif milik CPDB yang terdaftar
  • CPDB memantau hasil seleksi sesuai jadwal PPDB SMA yang akan diumumkan melalui situs PPDB Kepri https://sippdb.keprigov.go.id atau lewat email aktif milik CPDB yang terdaftar.

Panduan mendaftar PPDB SMA Kepri 2022 jalur Zonasi dapat pula disimak melalui video unggahan di Youtube melalui tautan ini. Semua video terkait panduan PPDB SMA-SMK Kepri 2022 juga dapat diakses pada tautan ini.



Baca juga artikel terkait PPDB 2022 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Oryza Aditama

DarkLight