Menuju konten utama
PPDB SMP 2022

Jadwal PPDB SMPN Kab Nganjuk 2022: Jalur & Panduan Daftar Online

Jadwal PPDB SMP Negeri 2022/2023 di Kabupaten Nganjuk memiliki periode pendaftaran online mulai 18 Juni sampai 4 Juli 2022.

Jadwal PPDB SMPN Kab Nganjuk 2022: Jalur & Panduan Daftar Online
Ilustrasi Pendaftaran Online. foto/IStockphoto

tirto.id - Jadwal PPDB SMP Negeri 2022/2023 di Kabupaten Nganjuk memiliki periode pendaftaran online pada 18 Juni sampai 4 Juli 2022. Namun demikian rentang waktu pendaftaran terbagi ke dalam 4 jalur yang digunakan, yakni: Jalur Prestasi (18 Juni), Jalur Afirmasi (23 Juni), Jalur Perpindahan (28 Juni), dan Jalur Zonasi (2-4 Juli).

Jalur Prestasi merupakan kuota yang khusus diperuntukkan bagi calon peserta didik yang dinilai memiliki bekal prestasi tersendiri. Sementara kuota Jalur Afirmasi untuk para pendaftar yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Jalur Perpindahan dikhususkan untuk calon pendaftar yang kebetulan memiliki orangtua/wali yang berpindah tugas, atau sebelumnya tidak berdomisili di Kabupaten Nganjuk. Sedangkan Jalur Zonasi merupakan kuota yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang ditentukan berdasar alamat tinggal atau zonasi.

Jadwal Kegiatan PPDB SMPN Kab Nganjuk 2022

Berikut ini rangkaian jadwal dan kegiatan PPDB SMP Negeri Kab Nganjuk 2022/2023, untuk keempat jalur pendaftaran, dikutip dari ppdbsmpn.nganjukkab.go.id.

Jalur Prestasi

Pendaftaran: 18 Juni 2022

Seleksi: 20 Juni 2022

Pengumuman & Daftar Ulang: 21-22 Juni 2022

Jalur Afirmasi

Pendaftaran: 23 Juni 2022

Seleksi: 24 Juni 2022

Pengumuman & Daftar Ulang: 25-27 Juni 2022

Jalur Perpindahan

Pendaftaran: 28 Juni 2022

Seleksi: 29 Juni 2022

Pengumuman & Daftar Ulang: 30 Juni – 1 Juli 2022

Jalur Zonasi

Pendaftaran: 2-4 Juli 2022

Seleksi: 5-6 Juli 2022

Pengumuman & Daftar Ulang: 7-10 Juli 2022

Registrasi Akun Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran PPDB SMPN Kab Nganjuk 2022/2023 secara online, para calon pendaftar terlebih dulu harus melakukan registrasi untuk mendapatkan Akun Pendaftaran. Cara registrasi dapat dilakukan dengan mengikuti urutan langkah berikut.

  • Pastikan komputer/laptop atau gadget terhubung dengan jaringan internet. Buka browser google chrome atau mozilla firefox. Buka laman http://ppdbsmpn.nganjukkab.go.id/
  • Calon pendaftar harus melakukan registrasi sesuai jadwal yang sudah ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, dengan cara memilih menu REGISTRASI.
  • Calon pendaftar yang berasal dari wilayah Kabupaten Nganjuk dapat melakukan pencarian data diri dengan mengisi NISN dan NIK masing-masing, kemudian pilih tombol cari.
  • Akan muncul tampilan data diri siswa sesuai isian SD asal, yang harus dilengkapi masing-masing pendaftar.
  • Dalam hal ini calon peserta mengisi PIN berupa 6 angka yang harus diingat untuk keperluan reset password. Mengisi email aktif sebagai username. Juga mengisi letak koordinat rumah sesuai dengan alamat pada Kartu Keluarga (KK).
  • Setelah menekan tombol kirim, akan muncul top up konfirmasi pengiriman. Jika sudah sesuai klik OK.
  • Jika semua sudah sesuai, maka akan muncul Registrasi Sukses. Dan secara otomatis calon pendaftar akan mendapatkan Akun Pendaftaran, yang bisa digunakan untuk login saat pendaftaran berikutnya.
  • Pendaftar diwajibkan mencetak akun pendaftaran dengan menekan tombol Cetak Akun Pendaftaran. Tiap pendaftar akan mendapat konfirmasi akun berupa file.pdf.

Melengkapi Data Diri & Berkas Pendaftaran

Selepas berhasil melakukan registrasi serta sudah mendapat akun, pendaftar dapat melengkapi data diri. Kemudian mengunggah berkas utama dan pendukung, sesuai dengan jalur yang dipilih. Terlebih dahulu lakukan LOGIN, dengan mengisi username dan password.

Pendaftar akan mendapati tampilan berupa upload berkas, yang meliputi Berkas Utama dan Berkas Pendukung.

Berkas Utama yang perlu disiapkan adalah:

  • Akta Kelahiran / Surat Keterangan Lahir
  • Kartu Keluarga / Surat Keterangan Domisili
  • Surat Keterangan Lulus
  • Surat keterangan Titik Koordinat Domisili
  • File: jpg/png/.jpeg, ukuran maksimal 500 kb
Sedangkan Berkas Pendukung yang harus dilengkapi sesuai jalur pendaftaran yang dipilih.

  • Piagam/Sertifikat Penghargaan untuk pilihan Jalur Prestasi Hasil Perlombaan
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), untuk Jalur Afirmasi
  • Surat Penugasan untuk pilihan Jalur Perpindahan Tugas Orangtua.

Setelah semua berkas yang diperlukan sudah diunggah, pendaftar dapat melanjutkan langkah berikutnya dengan menekan tombol Selanjutnya.

Berikutnya ditampilkan menu Data Siswa. Pendaftar dapat melakukan perubahan data, jika ada kesalahan input data, lantas tekan tombol Simpan. Jika semua data sudah benar, tekan tombol Selanjutnya.

Jika pendaftaran masing-masing jalur sudah dibuka, maka pendaftar dapat memilih jalur pada menu PILIH JALUR.

Terdapat 4 jenis jalur pendaftaran yang bisa dipilih, yakni: Jalur Prestasi, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan, dan Jalur Zonasi.

Tiap jalur memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi atau dilengkapi. Jika pendaftar belum melengkapi berkas pendukung sesuai jalur yang dipilih, maka sistem secara otomatis akan mengarahkan kembali ke laman Upload Berkas.

Urutan langkah dan sejumlah berkas khsusus pendaftaran untuk Jalur Prestasi, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas, dan Jalur Zonasi bisa dilihat melalui tautan ini.

Baca juga artikel terkait PPDB 2022 atau tulisan lainnya dari Oryza Aditama

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya