Jadwal MotoGP 2020: Grand Prix Jerez Spanyol Ditunda karena Corona

Oleh: Permadi Suntama - 26 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Moto GP 2020 Grand Prix Jerez di Spanyol ditunda akibat pandemi Corona (COVID-19)
tirto.id - Jadwal MotoGP 2020 kembali ditunda akibat pandemi Corona (COVID-19). Grand Prix Jerez di Spanyol yang diharapkan jadi seri pembuka MotoGP 2020 pada 3 Mei mendatang akhirnya ditangguhkan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Dilansir dari Crash, pihak FIM Motorsports dan Dorna Sports memberikan konfirmasi bahwa balapan di Sirkuit Angel Nieto tersebut tidak dapat dilaksanakan sesuai jadwal. Pihak penyelenggara bakal segera menyusun jadwal ulang MotoGP Jerez yang kemungkinan besar basar digeser ke akhir tahun.

"FIM, IRTA, dan Dorna Sports dengan menyesal harus mengumumkan bahwa Grand Prix Jerez yang bakal digelar di Sirkuit Angel Nieto pada 3 Mei 2020 kembali dibatalkan. Pembatalan balapan dikarenakan wabah Corona yang masih belum dapat teratasi sehingga Grand Prix Jerez akan dijadwal ulang," tulis Dorna Sports, dikutip dari Crash.

Pembatalan MotoGP Jerez 2020 mengikuti tiga seri lain yang lebih dulu ditunda dan satu seri, yakni Grand Prix Qatar dibatalkan untuk kelas MotoGP. Keputusan untuk membatalkan MotoGP Jerez lebih cepat diambil karena situasi di Spanyol yang belum menunjukkan perkembangan positif.

Untuk perubahan jadwal masih menunggu kepastian apakah MotoGP 2020 dapat diselenggarakan atau justru bakal dibatalkan. Pihak Dorna akan melihat perkembangan situasi sebelum menyusun ulang jadwal MotoGP 2020.

"Karena situasinya masih belum berubah dan cenderung konstan, jadwal MotoGP Jerez belum dapat ditetapkan sebelum ada kepastian bahwa MotoGP 2020 dapat digelar. Jadwal MotoGP Jerez akan diumumkan setelah situasinya memungkinkan untuk menggelar MotoGP 2020," sebut Dorna Sports.

Pihak penyelenggara MotoGP 2020 terus berupaya untuk tetap menggelar MotoGP 2020, minimal 13 seri musim ini. Namun, hal itu bergantung dari penanganan pandemi Corona yang melanda seluruh dunia. Sejumlah opsi pun telah disiapkan, salah satunya menggeser MotoGP 2020 ke tahun 2021.

Sesuai jadwal, Grand Prix berikutnya bakal digelar di Sirkuit Le Mans, Perancis, pada 17 Mei 2020. Namun, dengan situasi yang ada sekarang, balapan tersebut kemungkinan besar juga bakal dibatalkan.


Sebelumnya, Direktur tim Ducati Desmosedici, Paolo Ciabatti, menyebut seri pembuka MotoGP 2020 paling cepat dapat dilaksanakan pada bulan Juni 2020 kendati hal tersebut juga belum dapat dipastikan.

Sementara itu, dilansir dari motorsport, pihak Dorna masih menjajaki kemungkinan untuk menggelar 8 seri dalam kurun waktu dua bulan, yakni dengan memadatkan jadwal di bulan Oktober dan November 2020.

Kendati demikian, ada juga kemungkinan MotoGP 2020 bakal digelar sampai awal tahun 2021 di tengah musim dingin di Eropa.

Baca juga artikel terkait MOTOGP 2020 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight